​Bidik Entry Level, Lenovo A7700 Tawarkan Fitur Kamera 8 Mp

Anvid Erdian Product Manager Lenovo Indonesia

Labuan Bajo, Selular.ID –  Di kuartal ketiga 2016, Lenovo sukses memantapkan posisi di lima besar penguasa smartphone Indonesia. Riset IDC menunjukkan, Samsung berhasil meraih 26% dan bercokol di posisi teratas. Berturut-turut dibawahnya Oppo 19%, Asus berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 9%. Disusul kemudian dengan Advan 8% dan Lenovo 6%.
Tentu saja dengan line up produk yang lengkap, spesifikasi yang melebihi ekspektasi pengguna dan harga yang affordable, Lenovo punya senjata lebih dari cukup untuk merangsek ke posisi teratas. Apalagi, pada Oktober lalu, Lenovo sudah diperkuat oleh kehadiran Moto yang merupakan reinkarnasi dari brand ponsel legendaris, yakni Motorola.

Berbagai varian Moto, seperti Moto M dan Moto Z, yang diposisikan sebagai premium smartphone, akan diperkenalkan pada 2017. Sementara smartphone Lenovo yang mulai familiar dengan konsumen Indonesia, akan lebih difokuskan pada pasar mainstream.

Demi mempertahkan posisi yang sudah diraih, dipenghujung 2016, Lenovo kembali memperkenalkan produk terbaru, yakni A7700. Seperti model berawalan “A” lainnya dari Lenovo, ponsel ini dihargai relatif terjangkau di angka Rp 1,8 juta.

Berbeda dengan seri A6600 Plus yang juga baru diperkenalkan pada pertengahan Oktober 2016, Lenovo A7700 hadir dengan layar yang lebih besar, yaitu 5,5 inci HD.

Prosesornya menggunakan MediaTek MT6735P A53 1.0 GHz dengan memori 2 GB RAM dan GPU Arm Mali-T720 MP1 550 MHz. Smartphone ini juga sudah dibekali dengan storage internal sebesar 16 GB, tetapi masih dapat diperluas dengan adanya slot Micro SD hingga 32 GB.

Pada bagian belakang ini, pengguna juga akan menemukan sebuah kamera utama dengan resolusi 8 megapiksel dan sebuah LED flash. Sementara itu di bagian depan terdapat kamera 2 megapiksel.  Hal paling menarik dari kamera utama tersebut adalah kemampuannya merekam video time lapse. Karena sudah jadi kemampuan bawaan, pengguna tak perlu lagi repot mencari aplikasi time lapse buatan perusahaan lain.

“Hadirnya Lenovo A7700 tidak akan tumpang tindih dengan produk lainnya yang berharga tidak jauh berbeda. Hadirnya Lenovo A7700 membuat masyarakat yang ingin beralih ke 4G mendapatkan banyak pilihan,” ujar Anvid Erdian Product Manager Lenovo Indonesia di labuan Bajo, Flores, NTT (17/11/2016).

“Lenovo A7700 ini meneruskan varian sebelumnya yaitu A7000 dengan layar lebar. Smartphone ini juga sudah berkemampuan 4G dan sudah memenuhi syarat TKDN yang ditetapkan pemerintah,” tambah Anvid.

Pria berkacamata ini mengakui, A7700 memang bersinggungan dengan Moto E3 Power karena harganya tidak terpaut jauh. Lenovo memang kerap menghadirkan sejumlah varian di kelas yang sama. Karena pangsa pasar smartphone di harga 1,5 juta hingga Rp 2 juta adalah yang terbesar di Indonesia, sesuai dengan kebanyakan daya beli masyarakat saat ini.  Menurutnya dengan kehadiran dua produk di rentang harga yang sama, konsumen punya opsi untuk memilih. Meski akan terjadi kanibal hal itu bukan masalah. Mau Lenovo atau Moto sama saja, ujung-ujungnya ke kami juga, pungkas Anvid.