SHARE

Jakarta,Selular.ID – Gerakan Nasional 1.000 startup digital yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kibar telah memasuki tahap Workshop. Tahap ini diadakan  selama dua hari, khususnya untuk Jakarta dan Surabaya. Sementara di Yogyakarta, saat ini masih berlangsung tahap ignition 2, yaitu seminar untuk menanamkan pola pikir entrepreneurship.

Dalam keterangan resminya Octa Ramayana Academic & Research Partner Kibar, menjelaskan, pada tahap workshoop diharapkan peserta yang sudah lolos seleksi dari ignition dapat memecahkan permasalahan yang muncul, serta mencari solusi berdasarkan inspirasi yang telah mereka dapatkan dari fase Ignition.

“Masalah-masalah yang mereka pecahkan adalah masalah yang sudah disiapkan oleh tim Lab Kinetic melalui bank of problems  yang diberikan pada peserta sebelum workshop dimulai. Setelah peserta memilih masalah yang akan dipecahkan, mereka kemudian dibagi dalam sebuah tim sesuai dengan permasalahan yang ingin dicarikan solusinya,” kata Octa

Octa menuturkan, di hari pertama Workshop, para peserta akan mendapatkan materi design thingking, mereka akan mengidentifikasi dan memetakan masalah yang ingin mereka pecahkan sampai nantinya menemukan alternatif solusi atas permasalahan tersebut.

Di hari kedua, lanjut Octa, para peserta akan mendapatkan materi markwt validation,  dan business model, di mana peserta harus memvalidasi apakah ide solusi yang mereka temukan tersebut memang dibutuhkan oleh masyarakat atau tidak.

Pada tahap awal ini, dikatakan Octa, proses pencarian 1.000 startup digital memang baru digelar di tiga kota. Selanjutnya akan ada tujuh kota lagi yang menjadi tempat terselenggaranya program ini.

“Setelah Workshop, nantinya peserta yang terpilih akan melanjutkan ke tahap hackathon untuk menghasilkan prototipe produk dari ide solusi aplikasi,” paparnya.

Setelah itu, peserta akan memasuki tahapbootcamp, yang merupakan sesi mentoring mendalam untuk menyiapkan strategi peluncuran produk.

Octa menambahkan, nantinya 200 peserta terpilih dari 10 kota akan diinkubasi selama kurang lebih tiga bulan, sehingga dalam waktu lima tahun akan tercipta 1.000 startup digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here