Kamis, 23 Mei 2024
Selular.ID -

​Hati-Hati Jumlah Kelompok Ransomware Terus Meningkat Setiap Tahun

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Ransomware adalah nama atau istilah generic untuk semua malware yang menyusup dan melakukan aksi yang sangat mengganggu di komputer, dan mengancam keamanan data di komputer.

Dalam sata yang dirilis Symantec pada Januari 2015 hingga April 2016 ransomware telah mencapai tingkat ancaman baru dengan komplotan ransomware berhasil menerapkan malware pada jutaan komputer. Pengguna yang terserang ransomware mendapatkan data berharga mereka terkunci oleh enkripsi kuat yang sering kali tidak bisa dipecahkan.

Chee Choon Hoog Director Norton Consumer and Small Business untuk kawasan Asia menuturkan, bahwa angka ransomware terus meningkat dengan ditemukannya sejumlah kelompok ransomware setiap tahun, dengan rekor mencapai 100 kelompok ransomware pada 2015.

“Ransom telah berkembang menjadi salah satu ancaman cyber yang paling berbahaya bagi perusahaan maupun konsumen, dengan kerugian global hampir mencapai ratusan juta dolar,” ujar Chee Choon Hoog di Jakarta (21/07/16).

Menurut Chee Choon Hoog rata-rata uang tebusan yang dituntut penyerang  meningkat dari angka US$294 menjadi

U$679 pada 2015. Beliau menambahkan  serangan yang dilakukan kelompok ransomware pun telah menggunakan teknik serangan yang canggih yang menunjukan tingkat keahlian yang mirip dengan serangan mata-mata cyber.

Sehingga Chee Choon Hoog menganjurkan untuk lebih hati-hati dalam menggunakan perangkat kerja seperti personal komputer ataupun gadget. Yakni dengan memperkuat password, lalu memeriksa sebelum mengklik apapun, kemudian memprotek diri terhadap hal-hal yang mencurigakan, waspada dan menjaga data pribadi.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU