Lakukan Tips Ini Agar Akun Instagram Aman dari Hacker

Lakukan Tips Ini Agar Akun Instagram Aman dari Hacker

SHARE

mengamankan akun ig

Jakarta,Selular.ID – Instagram adalah salah satu platform media sosial yang mempunyai lebih dari 100 juta pengguna. Jumlah unduhan di PlayStore saja sudah melebihi dari 1 miliar kali unduh. Namun, belakangan ini banyak terjadi peretasan akun Instagram.

Hal tersebut mengakibatkan privasi pengguna yang sudah diretas dapat dipublikasikan, bahkan akun Instagram itu juga dapat disalahgunakan oleh si peretas. Nah kali ini Selular punya tips agar akun Instagram kalian tidak mudah di-hack.

Buat password yang unik dan sulit ditebak

Jangan pernah kalian membuat password yang mudah ditebak orang lain seperti nama samaran, tanggal lahir, dan tanggal jadian. Buat password serumit mungkin menggunakan karakter seperti tanda seru, tanda pagar, tanda tanya dan kolaborasikan password kalian menggunakan huruf dan angka. Tapi ingat, jika kalian menggunakan password yang rumit, simpan ditempat aman agar tidak mudah di buka orang lain.

Aktifkan langkah Two-Factor Authentication

Cara ini mengharuskan kalian untuk memasukan kode unik. Setiap kalian log-in di perangkat lain, maka Instagram akan meminta kalian untuk memasukan kode tersebut.

Cara untuk mengaktifkan langkah ini sangat mudah, yakni kalian pergi ke menu “Setting” yang berada di pojok kanan atas. Setelah itu, kalian akan menemukan pilihan Two-Factor Authentication yang berada di menu “Account”.

Kemudian aktifkan dengan menggeser tab yang tertera di layar ponsel kalian, setelah itu Instagram akan mengirim kode verifikasi ke nomor telepon yang sebelumnya kalian daftarkan pada saat membuat akun Instagram. Jika kalian belum mendaftarkan nomor telepon, maka secara otomatis Instagram akan meminta kalian untuk masukkan nomor telepon yang aktif. Kemudian masukkan kode verifikasi tersebut untuk mendapatkan kode unik.

Setelah itu, Instagram akan meminta kalian untuk menyimpan gambar yang berisi daftar kode unik tersebut. Daftar kode unik tersebut digunakan ketika kalian mengakses Instagram di perangkat lain. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat melihat gambar dibawah ini.

mengamankan akun instagram

Jangan log-in disembarang perangkat

Terkadang ketika kalian “numpang” akses Instagram di ponsel atau perangkat teman, kalian lupa untuk mengeluarkan akun atau log-out. Hal ini akan membuat perangkat tersebut dapat mengakses akun Instagram kalian, karena platform ini bisa di gunakan untuk beberapa akun dalam satu aplikasi.

Sebaiknya, ketika kita sudah selesai mengakses Instragram di perangkat lain, jangan lupa untuk mengeluarkan atau log-out. Kalian dapat mengakses menu “Setting” kemudian scroll kebawah dan pilih “Log-out (nama IG kalian)”.

Cara tersebut tidak semerta-merta mengeluarkan akun kalian di perangkat tersebut. Kebanyakan orang terjebak dalam hal ini, cara mengatasinya ialah dengan me-remove akun kalian di bagian menu “Setting” kemudian scroll kebawah dan pilih “Add Account. Biasanya, akun kalian masih tertaut di perangkat tersebut. Untuk dapat menghapusnya secara keseluruhan, kalian dapat memilih “Remove Account”.

mengatasi instagram terkena hack

Nah itulah beberapa tips yang dapat kalian lakukan demi mengamankan akun Instagram dari serangan hacker.

URL: http://selular.id/oM3Ctg