Tips Aman Donasi Secara Online

Tips Aman Donasi Secara Online

1641

DONASI ONLN
Jakarta, Selular.ID – Seiring dengan transformasi ekonomi yang pesat di Asia Pasifik, terjadi peningkatan keinginan konsumen, tidak terkecuali keinginan untuk melakukan donasi untuk kegiatan amal. Donasi melalui online pun diwilayah Asia Pasifik meningkat, terutama pada saat perayaan tertentu (festive season), di mana kegiatan amal beralih melalui internet guna meningkatkan jangkauannya.

Berdasarkan survei Charitable Giving dari MasterCard, masyarakat Thailand dan Vietnam merupakan konsumen yang memiliki keinginan paling kuat untuk memberi donasi, yakni menduduki peringkat tertinggi dengan masing-masing sebanyak 70,5% dan 70,4% secara berurutan. Sementara itu Indonesia berada di peringkat keempat dengan nilai sebesar 63,2%.

Meskipun demikian, para konsumen di kawasan Asia Tenggara masih merasa khawatir saat melakukan pembayaran secara online. Indeks Keselamatan dan Keamanan MasterCard (MasterCard’s Safety & Security Index) baru-baru ini menemukan bahwa Thailand dan Vietnam sama-sama negara yang memiliki keinginan kuat untuk melakukan donasi amal juga merupakan negara yang paling khawatir dalam melakukan pembayaran secara elektronik.

Kekhawatiran ini dapat berdampak pada jumlah nilai donasi yang dapat dikumpulkan di kawasan tersebut. Bagaimanapun, akan lebih mudah untuk melacak kemana uang Anda disalurkan dan untuk apa uang tersebut akan dipergunakan jika melakukan donasi melalui sebuah situs-situs resmi dibandingkan dengan melakukannya secara tunai.

Berikut enam tips yang akan membantu Anda untuk memastikan bahwa uang yang telah Anda kumpulkan dengan susah payah akan disalurkan dengan aman ke organisasi sosial pilihan Anda.

Baca Juga:  Mastercard Manfaatkan Teknologi Intelegensi Artifisial Untuk Deteksi penipuan

1.Jangan melakukan donasi kepada lembaga-lembaga yang tidak Anda kenal atau belum Anda cari tahu terlebih dahulu.
2.Berhati-hati terhadap e-mail yang dikirimkan oleh sebuah organisasi sosial dan jangan pernah masuk ke dalam sebuah situs amal melalui hyperlink yang diberikan di dalam e-mail. Jika curiga, maka lakukan penelitian terhadap organisasi tersebut secara online dan jika Anda menerima e-mail dari organisasi yang menurut Anda palsu atau tidak nyata, segera laporkan organisasi tersebut kepada pihak berwenang secepatnya.
3.Sebelum berdonasi, selalu pastikan bahwa situs tersebut aman dengan mencari ikon gembok hijau (green padlock) di web browser Anda. Ikon tersebut akan muncul di bar URL browser Anda, dan ikon tersebut hanya muncul di situs-situs yang memang aman.
4.Apabila Anda khawatir mengenai autentikasi pembayaran di sebuah situs, maka carilah sertifikat verifikasinya di halaman tersebut. Contohnya termasuk MasterCard SecureCode, Verified by Visa, dan American Express SafeKey.
5.Hindari melakukan donasi melalui perusahaan pengiriman uang atau secara langsung melakukan transfer ke sebuah bank dari sebuah organisasi sosial yang belum Anda kenal, karena metode ini kemungkinan tidak memberi Anda perlindungan yang semestinya (liability protection) jika terjadi penipuan transaksi.
6.Jika Anda merasa curiga setelah memberikan donasi, segera hubungi bank Anda secepatnya.

URL: http://selular.id/C9nr8o