Review Advan G1 Pro: Aman Dengan Privacy Ganda

Review Advan G1 Pro: Aman Dengan Privacy Ganda

SHARE

ADVAN G1 Pro
Jakarta, Selular.ID – Setelah sukses dengan Seri G1, kini Advan semakin percaya diri meramaikan pasar smartphone tanah air dengan menghadirkan sang penerus dari seri G1, yakni Advan G1 Pro. Menyasar segmen pengguna milenial, Advan G1 Pro hadir dengan tampilan premium serta performa dan fitur yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Mengusung desain metal unibody dan layar 2,5D berdiameter 5 inci serta dukungan RAM 3GB, Advan G1 Pro nampak elegan dan nyaman saat digunakan sehari hari. Hadir dengan resolusi HD, layar Advan G1 Pro masih nyaman untuk sekedar menonton film ataupun bermain game HD.

Penempatan tombol power dan volume di sisi kanan layar terbilang ergonomis pasalnya posisi tersebut masih nyaman saat digunakan dengan satu tangan walaupun secara bobot smartphone ini tidak ringan. Sementara di sisi kiri terdapat slot micro SIM card yang mengadopsi system Hybird, dimana pengguna harus mengorbankan slot SIM 2 untuk dapat menggunakan kartu memory tambahan dengan kapasitas maksimal 128GB.

Beralih ke bagian belakang terdapat kamera utama dengan smart chip sensor dengan resolusi 13MP berlapis AF coating yang mampu menangkap objek lebih cepat dengan fokus area yang lebih baik. Advan G1 Pro juga menyediakan LED flash di sisi kiri kamera utama untuk membantu pengguna jika memerlukan tambahan cahaya dalam melakukan pengambilan gambar. Tak hanya itu LED flash dibenamkan untuk mendukung kamera depan Advan G1 pro yang beresolusi 8MP dengan Largan Lens.

Sebagai smartphone flagship Advan G1 pro juga sudah terdapat sensor sidik jari dengan kecepatan pemindaian 0,3 detik yang terdapat tepat di bawah kamera utama, selain itu sensor sidik jari milik Advan ini juga berfungsi sebagai tombol shutter dalam melakukan selfie yang terasa nyaman saat digunakan, pasalnya jari telunjuk masih dapat menjangkau dengan mudah saat digunakan dengan satu tangan.

Bergeser agak ke bawah, kita akan menemukan lubang speaker yang mampu mengeluarkan audio yang luar biasa, pasalnya audio yang dihasilkan memiliki power di atas rata-rata smartphone premium pada umumnya dengan detail yang masih terasa serta dentuman bass yang mirip suara speaker aktif mini yang banyak dijual di pasaran. Sebagai bukti keseriusan Advan di segmen audio juga disertakan earphone dengan desain yang menarik serta kualitas audio yang mumpuni dalam paket pembeliannya.

Advan G1 Pro sudah didukung oleh IDOS (Indonesia Operating System). Sampai saat ini, IDOS telah mencapai versi 6.1.2 yang berbasis Android Marshmallow 6.0 yang terasa smooth saat digunakan.

Fitur andalan smartphone ini terdapat pada sisi keamanan perangkat, selain fingerprint Advan G1 Pro juga dibekali dengan fitur Xlocker serta fitur Advan Security yang bekerjasama dengan perusahaan keamanan data 360 Security.

Teknologi Keamanan
Advan G1 Pro terbilang lebih maju di sisi keamanan dan privacy bagi penggunanya. Hal ini terlihat dengan dibenamkannya fitur Xlocker yang memiliki dua fitur utama. Pertama, untuk scan konten atau aplikasi berbahaya, mengecek key permision, tingkat keamanan password, keamanan aplikasi dan ponsel. Fitur kedua adalah App Lock untuk mengunci aplikasi tertentu yang hanya bisa diakses dengan scan wajah. Selain itu terdapat pula fitur Privacy System yang berfungsi menjaga data-data pribadi pengguna, dengan tambahan fitur sembunyikan aplikasi, foto, video, dokumen dari menu panggilan.

Ada dua metode untuk mengakses ruang privasi, yaitu dengan memasukan 6 karakter kombinasi angka dan simbol pada tombol dial phone (phone caller dial) atau akses langsung melalui ikon Ruang Privasi yang terdapat pada home screen. Pada ruang privasi ini, Anda bisa menyimpan file dokumen, rekaman pembicaraan telepon, gambar, video, aplikasi tertentu, kontak, dan SMS pribadi. Sehingga tidak ada satupun yang mengetahuinya kecuali Anda. Bahkan, untuk berjaga-jaga, Anda bisa menciptakan ruang privasi palsu.

Kamera
Berbekal teknologi smart chip pada kamera utama Advan G1 Pro mampu melakukan pengambilan gambar dengan fokus area yang lebih baik serta cepat dalam pengambilan gambar. Kamera Advan G1 Pro juga lebih kaya akan fitur, seperti Fun Selfie yang membuat pengguna lebih kreatif dalam berfoto. Pengguna juga bisa memaksimalkan hasil foto-video karena terdapat fitur Beauty Selfie dan Beauty Video. Kamera depan juga dapat mendeteksi umur dan jenis kelamin penggunanya, ditambah adanya aplikasi built in Beauty Selfie untuk para wanita agar terlihat lebih cantik. Tak hanya itu, Advan G1 Pro juga dilengkapi fitur unik ‘Shake to shoot’ untuk mengakses kamera dengan cepat tanpa mengubah posisi tangan.

Kinerja
Dukungan prosesor Quad Core 1.3 Ghz Cortex-A53 keluaran Mediatek serta RAM dengan kapasitas 3GB menjadikan smartphone ini masih nyaman saat digunakan sehari hari, pasalnya saat fitur ruang Privacy diaktifkan maka kinerja akan terbagi ke dalam dua bagian yakni satu untuk mode normal dan satu lagi untuk mode ruang Privacy, hasilnya smartphone masih dapat melakukan tugasnya secara normal tanpa adanya panas yang berlebih. Ketika dites menggunakan aplikasi benchmark menggunakan Antutu, Advan G1 Pro mendapat angka 32 ribuan.

Audio
Teknologi loudspeaker canggih yang disematkan pada G1 Pro dilengkapi dengan generasi baru menggunakan Chip Smart PA generasi ke-3. Mengadopsi titanium accoustic dan smart amplifier menjadikan suara yang dihasilkan loudspeaker milik Advan G1 pro terbilang istimewa. Resonansi audio nya mampu menghasilkan suara bass yang solid dan spektrum audio yang lebar sehingga mampu memberi nuansa yang berbeda serta menjadikanya unggul dari smartphone di kelasnya. Pengguna juga dimanjakan dengan earphone premium yang didesain khusus untuk memberikan output suara berkarakter bass yang solid.

Spesifikasi Advan G1
Frequency : GSM 850/900/1800/1900, 3G/4G/LTE
Prosesor : Mediatek MT8735, Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53, GPU Mali-T720
RAM : 3GB
Memory : 32 GB, micro SD 128 GB
Layar : 5.0 inci 1280 x 720 IPS Display
OS : Android OS, v6.0.1 (Marshmallow), IDOS 6.1.2
Kamera Utama : 13MP
Kamera Selfie : 8 MP
Battery : 2600mAh

Value for money
Dibanderol dengan harga Rp1,8 juta, lebih murah dari seri sebelumnya. Advan G1 Pro mampu menyuguhkan fitur keamanan dan privasi lebih dibandingkan smartphone lain, dukungan kualitas audio yang mumpuni serta kamera dengan berbagai fitur menarik didalamnya menjadikan Advan G1 Pro pesaing kuat di kelas menengah pasar smartphone Tanah Air.

Fitur Face Unlock yang memungkinkan smartphone hanya dapat dibuka hanya dengan mendeteksi wajah si pemilik smartphone, jika seseorang berusaha membuka atau mengintip smartphone tersebut maka fitur face unlock akan mengaktifkan fitur Intruder selfie yang bekerja merekam wajah seseorang yang berusaha mengintip atau membuka smartphone tersebut.

URL: http://selular.id/FwAv7t