Review Asus Zenfone 3 Max: Baterai Kapasitas Besar Plus Fungsi Power Bank

Review Asus Zenfone 3 Max: Baterai Kapasitas Besar Plus Fungsi Power Bank

34780

Kamera

PixelMaster menjadi bagian tak terpisahkan dari seluruh jajaran Asus Zenfone, tak terkecuali di Zenfone 3 Max. Kamera belakang 13 megapiksel dan 5 megapiksel di depan dikombinasikan dengan apik oleh Asus menggunakan PixelMasternya. Kamera belakang lebih hebat, karena disandingkan dengan lensa Largan yang disusun dari 5 elemen untuk memastikan warna serta ketajaman gambar tetap terjaga.

2017-01-02_135648

Saat mengaktifkan kamera belakang, kita akan disuguhkan 11 mode ala PixelMaster, antara lain: Mode Otomatis (Auto), Mode High Dynamic Range (HDR), Mode Beautification, Mode Super Resolution, Mode QR Code, Mode Low Light, Mode Night, Mode Selfie, Mode Panorama, Mode Time Lapse dan Effect untuk mencipta 11 efek warna yang ciamik.

2017-01-02_135751

Jika Anda seorang wanita, maka wajib mencoba mode Beautification yang menyediakan 5 efek wajah seperti Blush (perona wajah), penghalus wajah, pencerah wajah, pengubah ukuran mata dan pengubah bentuk wajah.

Buat yang suka dengan fotografi resolusi tinggi harus mencoba mode Super Resolution. Di mode ini, PixelMaster akan menumpuk resolusi kamera belakang (13MP) sebanyak 4 kali untuk menciptakan foto berukuran 52 megapiksel. Fitur menarik lain adalah HDR dan Low Light Mode. Saat mencoba fitur HDR di Zenfone 3 Max, kami berhasil mendapatkan detail obyek di bayangan matahari yang tepat mengarah ke kamera. Berikut ini perbandingan antara foto dengan fitur HDR aktif dan tidak.

2017-01-02_135727

Fitur Low Light Mode di Zenfone 3 Max juga tidak kalah gahar. Fitur yang memperkuat tangkapan cahaya dengan algoritma khusus ini berhasil memotret obyek yang kami sembunyikan di tempat minim cahaya. Meskipun hasil tangkapannya tidak sebaik yang bisa dilakukan oleh Zenfone 2.

Kamera Depan

Bagaimana dengan kamera depan? Jika kamera depan difungsikan, maka PixelMaster hanya akan menyajikan 7 mode. Mode Super Resolution, QR Code, Selfie, dan Panorama tidak tersedia untuk kamera depan. Kualitas kamera depannya lumayan untuk mengambil gambar selfie di dalam maupun luar ruangan. Tapi jangan berharap banyak dengan kemampuan Low Light kamera depan, karena hanya dapat menghasilkan gambar dengan resolusi 1 megapiksel.

Yang menarik dari kamera depannya adalah luas sudut lensa yang cukup lebar. Hal ini sangat berguna bagi pengguna yang sering melakukan foto selfie tanpa menggunakan alat tambahan (tongsis). Sayangnya saat kami coba menggunakan versi kamera ini, Zenfone 3 Max belum menyediakan fitur Selfie Panorama seperti yang tersedia di Zenfone Max seri sebelumnya.

Baca Juga:  Video : Smartphone Terbaru Yang Rilis Januari 2017

Photo/Video Editor

Sepertnya Asus cukup mengerti bahwa pengguna perangkatnya sebagian besar menyukai fotografi, dan ingin membuat foto-foto tersebut tampil lebih indah, bermakna dan mudah untuk dibagi. Ikutlah mengapa ZenUI 3.0 kini lebih mengintegrasikan aplikasi pengolah gambar serta aplikasi media sosial ke kamera serta galeri milik ZenUI. Untuk berkreasi dengan foto, Asus menyediakan PhotoCollage yang mampu menyunting serta membagi foto ke media sosial.

Jika suka membuat video singkat dari hasil foto, tersedia ASUS MiniMovie yang sangat mudah dipakai, sementara jika ingin berbagi lewat jejaring sosial khusus foto, ASUS menyediakan ZenCircle yang kini memiliki puluhan ribu pengguna aktif dari Indonesia.

Rekam Video

Selain foto, fitur yang kerap dipakai pengguna smartphone adalah video. Soal kemampuan video Zenfone 3 Max ada beberapa hal menarik. Pertama, lewat kamera belakangnya yang beresolusi 13 megapiksel, pengguna Zenfone 3 Max bisa merekam video berformat Full HD (1920 x 1080) dengan 30 frame per detik. Jika menggunakan kamera depan, resolusi akan diturunkan menjadi 640 x 480 piksel (VGA).

Kedua, saat merekam dengan kamera belakang, pengguna diberi pilihan untuk bisa mengaktifkan image stabilizer untuk mengurangi guncangan terhadap hasil video akhir. Sebagai informasi, fitur image stabilizer ini dilakukan dengan mengompensasi gerak kamera dengan penyesuaian piksel. Jadi jangan heran kalau resolusi maksimal video akan turun menjadi (maksimal) HD saat fitur ini dihidupkan.

Hal terakhir adalah kemampuan pengambilan gambar still (foto) saat kamera sedang merekam video. Hal ini cukup berguna utamanya bagi mereka yang ingin membekukan momen saat sedang merekam tanpa perlu beralih ke mode still camera.

Hasil video dari Zenfone 3 Max cukup baik. Kami tidak menemukan drop frame atau loncatan adegan saat merekam momen dalam waktu lebih dari 3 menit. Kualitas video dalam ruangan memang biasa saja, namun menjadi sangat baik saat berada di luar ruangan. Buat yang suka mengupload video ke Youtube, kualitas kamera Zenfone 3 Max masih pas dipakai untuk membuat vlog darurat.

URL: http://selular.id/6QFu8n