Review Asus Zenfone 3 Max: Baterai Kapasitas Besar Plus Fungsi Power Bank

Review Asus Zenfone 3 Max: Baterai Kapasitas Besar Plus Fungsi Power Bank

Daya Tahan Maksimal

Salah satu fitur yang dicari di keluarga Zenfone Max adalah daya tahan alias kapasitas baterai. Zenfone 3 Max hadir dengan kapasitas baterai 4100mAh, dengan kapasitas ini Zenfone 3 Max diklaim memiliki waktu siaga sampai 720 jam, waktu bicara sampai 20 jam, waktu memutar video (kualitas HD) sampai 15 jam, dan waktu selancar web (via WIFI) sampai 18 jam.

Mengapa bisa selama itu sementara kapasitas baterainya tidak sebesar Zenfone Max generasi awal? Sepertinya ada 2 alasan utama Asus merilis data di atas. Pertama, penggunaan layar yang berukuran lebih kecil dan pilihan prosesor yang lebih hemat daya.

Zenfone 3 Max punya bentang layar seluas 5,2 inci. Jika dibanding dengan Zenfone Max generasi awal (5,5 inci) nilai ini menjadi lebih seimbang, karena layar lebih kecil berarti konsumsi daya yang lebih hemat. Meskipun lebih kecil, jangan kuatir dengan kualitasnya, sebab Zenfone 3 Max sudah mengadopsi resolusi HD dengan kecerahan 400nits di layar IPS-nya.

Prosesor Mediatek quad core juga punya andil besar dalam menghemat energi. Buktinya, saat kekuatan Zenfone 3 Max ini diuji menggunakan aplikasi sehari-hari seperti WhatsApp, Facebook, Facebook Messenger dan Gmail, ia mampu bertahan selama 29 jam dan 50 menit (sampai notifikasi baterai tinggal 15 persen muncul) dengan koneksi internet aktif (4G dan 3G) tanpa menghidupkan WIFI. Mungkin jika WIFI diaktifkan, baterai bisa bertahan lebih lama, atau ketika pengguna  memakai skenario hemat baterai di fitur “Power Saving” milik Zenfone 3 Max.

Baca Juga:  Adu Kinerja dan Daya Tahan Baterai 3 Smartphone Terfavorit

Oh ya, sebagai gambaran, Asus Zenfone 3 Max ini kami pakai sebagai perangkat utama untuk aktifiktas sehari-hari. Seperti bertelepon, berselancar di web, menulis dan membalas SMS serta email sampai bermain game besutan Pokemon Go dan Ingress. Khusus 2 aplikasi terakhir memang tidak dimainkan terus menerus. Sekitar 5 sampai 10 menit setiap jam.Untuk mengetahui grafik penggunaan Asus Zenfone 3 Max, silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

2017-01-02_135503

Pertanyaannya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai 4100 mAh di Zenfone 3 Max ini dari mulai kosong sampai penuh? Sebenarnya, kami tidak pernah menguras habis baterai Zenfone 3 Max sampai kondisi 0%. Tapi saat berada di kisaran 10 sampai 15%, Zenfone 3 Max butuh sekitar 4 sampai 5 jam sampai bisa terisi penuh menggunakan adaptor daya dengan arus 5 ampere.

Fungsi PowerBank

Salah satu fitur Zenfone Max yang paling disuka penggunanya adalah fungsi power bank. Untuk bisa menyulap Zenfone 3 Max menjadi power bank, kita butuh sambungan USB OTG yang dihubungkan ke smartphone yang akan diisi ulang menggunakan kabel data USB. Untungnya, ASUS juga menyediakan sambungan USB OTG dalam kemasan boks ASUS ZenFone 3 Max.

Dari hasil uji yang dilakukan, Zenfone 3 Max dapat mengisi beragam jenis smartphone dan tablet dengan ukuran sampai 8 inci. Jika kapasitas baterai dari perangkat yang akan diisi ulang tidak lebih besar dari milik Zenfone 3 Max, secara teori paling ideal, seharusnya Zenfone 3 Max masih memiliki sisa tenaga untuk menghidupkan dirinya sendiri.

URL: http://selular.id/6QFu8n