Review Asus Zenfone 3 Max: Baterai Kapasitas Besar Plus Fungsi Power Bank

Review Asus Zenfone 3 Max: Baterai Kapasitas Besar Plus Fungsi Power Bank

Layar

Zenfone 3 Max memiliki bentang layar 5.2 inci. JIka masih ingat, layar 5.2 inci ini menempati 75% area depan. Didalamnya tertanam panel berteknologi In-Plane Switching (IPS) untuk menjaga agar reproduksi warna tetap baik saat layar Zenfone 3 Max dilihat dari berbagai sudut. Tidak cukup sampai di situ, layar IPS ini juga dilengkapi dengan LED berkekuatan 400nits. Fungsinya tak lain adalah untuk memastikan layar tetap nyaman dilihat meskipun berada di kondisi cahaya kuat, di bawah paparan sinar matahari terik misalnya.

Harus diakui, layar HD beresolusi 1280 x 720 milik Zenfone 3 Max cukup baik saat diajak memutar film atau melihat gambar dengan warna-warna cerah. Tentu saja resolusi tadi terkadang tidak bisa kita nikmati secara penuh, karena Zenfone Max “memotong” sebagiannya untuk menampilkan tombol navigasi virtual milik Android. Untungnya, di beberapa aplikasi, tombol virtual ini bisa disembunyikan sementara agar resolusi sesungguhnya dapat dicapai.

2017-01-02_135808

Oh ya, layar Zenfone 3 Max mampu merespon sentuhan sampai dengan 5 titik secara simultan. Meskipun tanpa fitur Glove yang biasa ada di seri Zenfone lain untuk meningkatkan sensitivitas, layarnya tetap bisa menerima sentuhan ketika kami mencobanya menggunakan sarung tangan atau ketika layar terhalang kain.

Sidik Jari

Fitur baru yang belum diadopsi oleh Zenfone Max generasi sebelumnya adalah sensor sidik jari (fingerprint). Sebagai informasi, fitur sidik jari ini adalah fitur standar di seluruh jajaran Zenfone 3.

Sensor sidik jari sendiri memiliki fungsi utama untuk mengamankan perangkat dari kemungkinan pencurian data oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sensor sidik jari dapat dipakai untuk membuka kunci pengaman perangkat sekaligus mampu difungsikan sebagai tombol cepat saat menjawab telepon masuk. Jadi, jika bukan si pemilik smartphone, maka telepon sejatinya tidak bisa dijawab oleh orang lain.

Keberadaan sensor sidik jari sebagai pengganti sistem pembuka layar Android memang cukup membantu. Jika menggunakan kata kunci (password), pengunci pola (pattern) atau PIN, umumnya butuh 2 sampai 3 detik agar pengguna bisa membuka layar. Dengan sistem sidik jari, kita bisa membuka Zenfone 3 Max hanya dalam waktu kurang dari 1 detik. Setidaknya hal tersebut yang kami dapat saat mencoba membuka pengaman layar menggunakan sidik jari.

Uniknya, Zenfone 3 Max tidak cuma dapat menyimpan 1 pola sidik jari, melainkan 5 sidik jari yang berbeda-beda. Katakanlah ada 4 orang lain yang boleh membuka smartphone ini, maka kelimanya bisa didaftarkan ke dalam sistem Zenfone 3 Max. Atau gunakan hanya sebagai cadangan kalau-kalau salah satu jari tidak dapat dipakai untuk proses otentikasi.

Di Zenfone 3 Max, fungsi pembaca sidik jari ini tidak terbatas untuk pengamanan. Selain pengganti password ia bisa juga dipakai untuk menjalankan aplikasi kamera secara cepat dan mengambil gambar (foto). Berdasarkan pengalaman menggunakan Zenfone 2, saat melakukan selfie, tombol belakang paling nyaman dipakai untuk mengaktifkan shutter kamera. Mungkin, berdasarkan inilah mengapa ASUS kembali memberikan fitur yang sama di Zenfone 3 Max dan seri Zenfone 3 lainnya.

URL: http://selular.id/6QFu8n