Review Asus Zenfone 3 Max: Baterai Kapasitas Besar Plus Fungsi Power Bank

Review Asus Zenfone 3 Max: Baterai Kapasitas Besar Plus Fungsi Power Bank

2017-01-02_135422Jakarta, Selular.ID – Smartphone dengan kapasitas baterai besar makin dibutuhkan saat ini. Aplikasi di smartphone yang kian butuh “tenaga ekstra” mengharuskan smartphone dibekali baterai agar untuk bisa bertahan lebih lama.

Pada pertengahan tahun 2015, Asus pernah mengenalkan Zenfone Max, smartphone dengan kapasitas baterai besar, 5000mAh.  Ingin mengulang kesuksesan Zenfone Max, Asus mengevolusi Zenfone Max ke dalam keluarga Zenfone 3 yang baru saja dikenalkan di Indonesia. Yaitu Asus Zenfone 3 Max.

Desain

Jika ingat, Zenfone Max generasi pertama memiliki casing/penutup belakang yang bisa dilepas untuk kebutuhan melepas pasang kartu SIM dan kartu memori. Di Zenfone 3 Max penutup itu kini sudah menghilang, diganti dengan desain badan tunggal (unibody).

Dari mulai sisi pinggir sampai tengah, badan perangkat ditutup dengan material metal yang membuatnya tampil elegan. Kecuali bagian atas bawah yang masih memakai bahan plastik campuran namun dengan kesan metal senada.

2017-01-02_135204

Asus menyederhanakan desain Zenfone 3 Max dengan meniadakan tombol navigasi fisik yang semula ada di Zenfone Max generasi awal atau Zenfone 2 lain. Navigasi dilakukan lewat tombol virtual milik Android. Tombol power dan volume tetap berada di samping. Sementara bagian belakang bercokol kamera dan sensor sidik jari yang bisa dipakai untuk membuka mengamankan akses ke perangkat atau mengaktifkan kamera.

2017-01-02_135332

Sekarang, untuk memasukkan kartu SIM dan kartu memori pengguna mesti berbekal besi penusuk seperti klip kertas atau sejenisnya. Itu untuk membuka slot kartu yang muat dipasangi 1 kartu SIM mikro dan 1 kartu SIM nano. Ya, Zenfone 3 Max mendukung 2 kartu SIM. Keduanya bisa dipakai di jaringan 3G dan 4G. Tapi, kalau mau menyematkan kartu memori micro SD maka kartu SIM ke-2 harus dikorbankan (tidak dipakai) karena mereka menempati slot yang sama.

Baca Juga:  Hands On : Samsung Galaxy S8 - Tawarkan Desain dan Fitur Berbeda

2017-01-02_135300

Tak ada lagi desain lingkaran konsentris khas Asus di bagian depan. Sebagai gantinya, kita hanya akan menemukan logo Asus yang dilapisi kaca 2.5D. Kamera, sensor proksimiti dan speaker berurutan ditempatkan di bagian atas. Semua ini dikemas dalam perangkat dengan berat tak lebih dari 148 gram dan ketebalan 8,5 milimeter.

Ringkas Tapi Lebih Besar

Ringan dan tipis bukan satu-satunya keunggulan di perangkat anyar ini. Asus juga menjaga rasio perbandingan antara besar layar dan ukuran badan perangkat agar tetap nyaman dilihat namun tidak menambah besar ukuran perangkat.

Hal ini sangat mungkin dicapai dengan rasio layar terhadap badan perangkat (screen to body ratio) yang mencapai 75% Artinya, layar 5,2” milik Zenfone 3 Max menempati sekitar 75% area dari keseluruhan badan perangkat. Sekadar informasi, makin besar nilai rasio, maka layar akan semakin luas tapi badan perangkat tidak bertambah besar. Nilai maksimal adalah rasio 100%, yang artinya seluruh permukaan smartphone tertutup layar, tanpa ada bingkai (bezel) lagi.

Bicara soal bingkai, Zenfone 3 Max memiliki bingkai yang tipis, hanya 2,25 milimeter diukur dari sisi terluar layar bagian kanan dan kiri sampai sisi casing.  Ketebalan bingkai ini juga sangat dipengaruhi oleh rasio layar terhadap badan perangkat tadi.

URL: http://selular.id/6QFu8n