Review LG V20: Android Nougat Pertama, Unggulkan Fitur Multimedia

Review LG V20: Android Nougat Pertama, Unggulkan Fitur Multimedia

4175

lg v20

Jakarta, Selular.ID – Kembali menyapa pasar smartphone Indonesia dengan memperkenalkan smartphone premium terbarunya, yakni LG V20. Smartphone ini merupakan smartphone pertama di dunia yang mengadopsi sistem operasi terbaru Android 7.0 Nougat.

Kelebihan:
– Desain kokoh
– Multimedia mumpuni
– Kinerja cepat
– Kamera bagus

Kekurangan:
– Daya tahan baterai kurang kuat

Desain

LG V20 disebut memiliki desain yang menyerupai LG G5, namun ponsel ini tidak memiliki bagian modular. Penutup bagian belakang ponsel V20 bisa dilepas sehingga pengguna bisa melepaskan baterai saat dibutuhkan. Pada sisi belakang pula, LG menempatkan sensor pemindai sidik jari yang juga bisa dimanfaatkan untuk mematikan/menghidupkan (on/off) layar. Sensor ini diletakkan di bawah dua kamera utama belakang.

Selain menawarkan layar unik, desain LG V20 juga terasa kokoh. Material body merupakan perpaduan silikon polikarbonat (Si-PC) dan aluminium alloy yang telah lulus standar uji US Military Standard (MIL STD-810G). Sehingga tahan terhadap benturan akibat terjatuh.

interface

Masuk dikelas premium secara kualitas, LG V20 memiliki desain yang cukup kokoh dan terlihat sangat elegan. Kombinasi antara metal dan plastic matte sangat pas ditangan, tidak hanya tingan bodinya juga tipis membuatnya nyaman saat digunakan atau sekedar ditenteng.

Layar Ganda

Sama seperti pendahulunya V10, LG V20 hadir dengan layar berukuran 5,7 inci dengan tingkat resolusi 1440 x 2560. Namun yang membedakan LG V20 dengan phablet 5,7 inci lainnya adalah adanya dukungan layar sekunder (second screen) yang berada pada panel atas layar utama. Fungsi fitur ini adalah untuk memberi akses buka aplikasi favorit dan recent apps secara cepat tanpa harus masuk ke menu. Bahkan bila Anda sedang asyik chatting, namun ada panggilan telepon yang masuk, layar tidak akan tertutupi.’

settings

V20 memiliki layar utama berukuran 5,7 inci dengan teknologi IPS. Layar utama ponsel memiliki resolusi Quad High Definition (QHD). Lalu layar kedua ponsel V20 kali ini lebih panjang dibanding pendahulunya. LG meningkatkan tingkat kecerahan layar atau brightness dua kali lebih tinggi dibanding generasi pendahulunya.

LG V20 sudah menjalankan sistem operasi Android 7.0 Nougat. Update OS ini menawarkan fitur multi window dan mode Doze. Anda bisa membagi layar menjadi dua jendela dan keduanya bisa melakukan multitasking tanpa terpatah-patah.

HiFi

LG V20 juga membawa kemampuan 32-bit HiFi Quad DAC (Digital to Analog Converter), yang menimalisir distorsi dan gangguan noise yang lebih rendah. Suara yang dihasilkan lebih bersih, detail, dan tajam. Ditambah dengan earphone dari Bang & Olufsen B&O Play H8 yang tersedia pada paket penjualan, membuat para penikmat music menjadi lebih dimanjakan.

Musik-Player

Bersamaan dengan perekaman video, LG V20 mampu merekam suara 24 bit/48 kHz. Kemampuan ini bisa merekam suara sangat keras hingga 132 dB, seperti saat merekam pertunjukan live music layaknya perangkat perekam video pro.

Mengkombinasikan fitur Quad-DAC dan headphone pada paket penjualannya hasilnya suara yang diperdengarkan sangat terasa bass dengan range suara yang sangat kaya. Saat earphone dicabut, speaker V20 terasa keras dan jelas. Namun untuk menghasilkan kualitas yang mumpuni, menggunakan earphone akan lebih nikmat.

Baca Juga:  LG X300, Andalan Baru LG di Kelas Menengah

Multimedia

Kamera

Beralih ke fitur kamera. Smartphone ini juga akan memanjakan pengguna yang hobi fotografi, berkat fitur dual wide angle. V20 menggunakan kamera yang sama seperti milik G5 dimana lensa utama berkemampuan 15MP dengan perbandingan 16:9 OIS. Kamera dilengkapi dengan sensor laser dan phase detection autofocus. Sedangkan lensa kamera kedua berkemampuan 8 MP dengan fixed autofocus, lensa wide angle ini mampu menangkap gambar dengan sudut 135 derajat.

Kamera

Tak cukup sampai di situ, LG menempatkan lensa kamera depan berkemampuan 5 MP dengan aperture f/1.9. Kamera depan mampu mengabadikan foto normal ataupun wide angle. Dengan fitur ini, kita bisa mengabadikan gambar secara lebih utuh dengan latar belakang lebih luas dalam satu bingkai gambar. Pengaturan kamera yang juga berada di sektor kamera antara lain auto shot dan hybrid auto focus.

Pada fitur kamera V20 juga menawarkan teknologi perekaman video Steady Record 2.0. V20 adalah ponsel pertama yang menggunakan Qualcomm proprietary (EIS) video stabilisation yang bekerja berdasarkan sensor gyroskop. Kamera ini juga dilengkapi dengan image steam analysis (DIS) untuk melacak benda bergerak dan menstabilkan video dengan mengikuti garis pergerakan objek.

Melihat hasil kamera, smartphone dengan fitur kamera yang terbilang lengkap ini cukup terang dan jelas. Foto kami ambil dari kondisi outdoor dan indoor bahkan dengan kondisi pencahayaan low light.

Konektivitas

Untuk fitur koneksi pengguna tidak perlu khawatir produk ini termasuk salah satu smartphone dengan koneksi terlengkap. Tidak hanya memiliki koneksi 4G LTE untuk internetan, pengguna juga bisa mengunakan koneksi wifi dengan mengkoneksikannya pada jaringan hotspot.

Intrnet

Koneksi lainnya tersedia juga koneksi seperti Bluetooth , GPS dengan A-GPS, NFC, Infrared, FM radio, serta koneksi kabel data MicroUSB Type-C.

Kinerja

Urusan dapur pacu, performa LG V20 digenjot oleh prosesor Snapdragon 820, yang diperkuat dengan RAM 4 GB dan ruang penyimpanan internal sebesar 64 GB yang masih dapat ditambahkan melalui slot memori eksternal microSD.

Dengan spesifikai yang dibenamkan, LG V20 mampu mendapatkan score hingga 135ribu. Skor ini merupakan skor yang tinggi untuk smartphone dikelas premium. Pantaslah jika smartphone ini disejajarkan dengan smartphone flagship lain seperti Samsung Galaxy S7 Edge atau LG G5.

Tidak hanya itu memiliki performa yang mumpuni, smartphone andalan baru dari LG ini juga tidak hanya sangar di fitur audio, akan tetapi dari segi kinerja untuk bermain game. Saat menggunakan game dengan grafis 3D seperti Need For Speed No Limit dapat dijalankan dengan lancer tanpa ada masalah.

Untuk kinerja kekuatan baterai LG V20 dilengkapi baterai berkapasitas 3.200 mAh dengan kemampuan pengisian daya cepat QuickCharge 3.0. Mencopot back cover sangat mudah. Tinggal tekan di sisi kiri bawah ponsel dan otomatis bagian penutup belakang bakal merenggang dan terbuka.

multimedia-2

Pada pengujian yang kami lakukan smartphone LG V20 ini mampu bertahan hingga 7 jam dengan penggunaan standart seperti  chatting, sesekali melakukan streaming, menerima panggilan dan bermain game selama sekitar 30 hingga 45 menit.

 

URL: http://selular.id/jixsPx