Review Asus Zenfone Go ZB690KG : Phablet Dengan Berbagai Daya Tarik

Review Asus Zenfone Go ZB690KG : Phablet Dengan Berbagai Daya Tarik

asus zenfone go phabletJakarta, Selular.ID – Jangan bingung, sebelumnya Asus sudah meluncurkan seri Asus Zenfone Go yang merupakan smartphone 4G berharga terjangkau. Ada dua seri yang diluncurkan, yaitu Asus ZenFone Go ZB450KL dan Asus ZenFone Go ZB500KL. Nah yang satu ini adalah Asus Zenfone Go ZB690KG, perangkat smartphone tablet (phablet) yang juga sudah diluncurkan dan dijual. Tergolong perangkat phablet, Asus Zenfone Go ZB690KG tentu dibekali layar berukuran luas. Tapin tidak hanya itu saja daya tariknya.

Kelebihan: 
– Layar berukuran luas
– Kamera dengan PixelMaster
– Asus ZenUI

Kekurangan:
– Dual sim suport 2G dan 3G

Desain

Desain Zenfone Go terbaru ini terlihat lebih fresh dari sebelumnya. Lapisan metallic-coated frame didesain untuk mempercantik tampilan bodi-nya. Lapisan ini menggunakan teknologi yang disebut Non Conductive Vacuum Metallization (NCVM). Dengan metode ini, lapisan metallic memiliki kualitas lebih tinggi dan mampu melindungi display dengan lebih baik.

Asus juga mendesain smartphone ini dengan ergonomic rounded edges yang membuat genggaman tangan lebih nyaman. Desain rounded edges ini juga membuat kesan dan tampilan premium dari ZenFone Go terbaru tersebut. ZenFone Go hadir dengan dua pilihan warna, yakni Glacier Gray dan Pearl White. Smartphone ini juga menggunakan bezel frame dengan warna yang sama dengan back case-nya.

2016-12-30_130409

Ok..sekarang kita lihat apa saja yang menghiasi bodi Asus Zenfone Go. Ada speaker yang terletak di bagian belakang. Ketika didengarkan, suara yang keluar dari speaker ini terdengar cukup lantang. Selanjutnya ada tombol power dan volume di bagian kanan bodi. Serta di bagian kanan bawah terdapat 2 SIM slot dan satu MicroSD slot.

Perangkat ini juga mendukung fitur dual SIM dimana jika SIM 1 menggunakan 3G maka SIM 2 menggunakan 2G. Dual SIM ini menggunakan sistem Dual Standby dimana jika salah satu SIM digunakan untuk menelepon, maka SIM lain akan menunggu. Setelah selesai, barulah SIM akan aktif lagi.

Layar

Layar Asus Zenfone Go yang berukuran 6,9 inchi mengusung teknologi IPS yang mampu memberikan kualitas warna dan tingkat kecerahan layar yang baik. Teknologi layar ini juga didukung dengan resolusi 1024x 600 piksel.

Dengan layar yang luas, Asus Zenfone Go ZB690KG yang merupakan perangkat phablet (smartphone tablet) ini, lebih puas digunakan untuk menikmati berbagai konten. Sudut pandangnya mencapai luas 178 derajat. Ditambah tampilan layar masih terlihat jelas ketika dilihat dari berbagai sisi, termasuk sisi samping. Oiya, di phablet ini disediakan tombol navigasi on screen button.

Asus ZenFone Go ZB690KG memiliki fitur yang disebut dengan VisualMaster untuk menghadirkan pengalaman visual yang kaya, yang tidak tersedia pada phablet terjangkau lainnya. Adapun VisualMaster sendiri terdiri dari Asus TruVivid, ASUS Splendid, Bluelight Filter dan juga IPS Display.

Asus TruVivid merupakan teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan kejelasan serta kecerahan display, serta responsivitas layar saat disentuh. Di sini, ASUS mengurangi dari enam lapis komponen layar hingga menjadi dua lapis serta satu lapis full-lamination. Air gap juga dihilangkan dengan mengombinasikan kaca dengan panel sentuh. Metode ini juga menawarkan transparansi optik yang mencapai lebih dari 94% dibanding arsitektur tradisional. Hasilnya, kejernihan warna dan kecerahan akan meningkat.

Fitur Bluelight Filter dibuat untuk mengurangi kelelahan mata dengan meminimalisir sinar warna biru di layar. Meskipun warna biru diminalisir, secara keseluruhan Bluelight Filter ini tetap mampu menampilkan warna lain dengan sangat baik dibandingkan filter cahaya biru yang tersedia pada umumnya.

Kamera

Di sektor kamera, Asus menyematkan kamera 8MP di kamera utama dan kamera depan 2MP. Perlu diketahui bahwa kamera utamanya sudah memiliki apeture 2.0 dimana ini adalah standar industri saat ini. Fitur tersebut dapat menyempurnakan pengambilan foto di kondisi pencahayaan redup dan dapat mengurangi noise hingga 400 persen dan meningkatkan kontras hingga 200 persen.

Baca Juga:  Ada Teknologi Kamera Ganda di Keluarga Baru Asus Zenfone 4?

2016-12-30_130352

Ditambah lagi banyaknya modus pemotretan melalui fitur PixelMaster, antara lain : Auto, HDR, Beautification, QR Code, Low Light, Night, Time Lapse, Selfie, dan mode Panorama. Fitur kamera seperti ini, jarang tersedia pada perangkat sejenis yang dipasarkan di harga terjangkau.

Kameranya memang tidak premium seperti kamera Zenfone 3 Deluxe ataupun Ultra, tetapi hasilnya sudah cukup baik untuk dipakai sebagai bahan posting di media sosial kita seperti di Facebook ataupun Instagram.

User Interface (UI)

Seperti biasa, Asus menyematkan user interface ciri khasnya yaitu Asus ZenUI. ZenUI adalah rumah dari segala antarmuka yang berfungsi untuk menghubungkan kita dengan smartphone kita. Ada berbagai setting dan fitur yang hanya terdapat pada ZenUI.

Asus memanfaatkan gesture secara maksimal dengan menampilkan menu yang berbeda untuk setiap gesture. Bisa dilihat tampilan homescreen ketika di-swipe dari atas ke bawah maka akan muncul search bar. Search bar ini sendiri tidak hanya berfungsi untuk mencari konten di internet tetapi bisa juga mencari juga aplikasi dan kontak jika diaktifkan. Uniknya lagi ada trending search juga di dalamnya sehingga kita bisa mengetahui apa yang sedang tren di internet.

2016-12-30_130301

Kalau di-swipe dari bawah ke atas maka akan muncul sebuah pengaturan terhadap ZenUI Launcher. Ada pengaturan Apps dan Widget, Home Edit, Wallpapers, Icon Packs, ZenUI theme, Lock Apps, Preference, System Setting dan dan lainnya.

Salah satu fitur menarik di ZenUI yaitu ada App Management kita bisa mengatur aplikasi mana saja yang mau dikunci. Tujuan fitur ini adalah untuk menjaga keamanan dari aplikasi penting seperti email. Jika ada email rahasia di smartphone kita, maka fitur ini akan sangat membantu kita menjaganya. Tersedia dua jenis keamanan yang bisa kita gunakan yaitu menggunakan PIN atau menggunakan pattern.

Kinerja

Untuk kinerjanya, Asus ZenFone Go ZB690KG menggunakan processor Qualcomm Snapdragon 200 berkecepatan 1,2GHz. Juga didukung RAM sebesar 1GB untuk mengakomodir aktifitas multitasking.

ZenFone Go ZB690KG juga dilengkapi Asus Mobile Manager untuk mengatur aplikasi mana saja yang boleh berjalan di background sehingga menghemat penggunaan RAM. Ketika RAM tidak bekerja keras maka penggunaan baterai pun tidak akan boros.

Untuk daya tahan hidupnya, disediakan baterai Li-Polymer yang disediakan berkapasitas sebesar 3.480mAh. Kapasitas itu sudah terbilang memadai untuk perangkat phablet. Dengan kapasitas baterai tersebut, perangkat ini mampu bertahan untuk masa aktif hingga 12,5 jam untuk browsing lewat jalur 3G, 16 jam browsing menggunakan WiFi, ataupun 20 jam berbicara non stop di jaringan 3G.

Model ASUS ZenFoneGo ZB690KG
CPU Qualcomm Snapdragon 200quad core 64-bit 1,2GHz
GPU Adreno 302400MHz
RAM 1GB
Storage 8GB + 5GB ASUS Webstorage
Micro SD Yes (up to 128GB)
Connectivity 802.11b/g/n, Wi-Fi Direct, Bluetooth 4.0
Network GSM 850 / 900 / 1800, HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100

Up to 21.1/5.76 Mbps DL/UL

SIM Card Dual Micro SIM
Navigation GPS, AGPS, GLONASS, BDS
Display 6.9″  HD IPS Display (1024×600)
Video HD 1280x720p recording
Battery 13.3W, 3480mAh, non-removable polymer battery
Main Camera 8MP PixelMaster Camera with f/2.0 aperture
Front Camera 2MP
Sensor Accelerometer, E-Compass, Proximity, Ambient-light
OS Brand-new ASUS ZenUI with Android 5.1 Lollipop
Dimension 101.4 x 187.96 x 8.85mm
Weight 265g
Warna Glacier Gray, Pearl White

 

 

URL: http://selular.id/cnGida