Review Acer Switch Alpha 12: Tablet 2 in 1 Dengan Keyboard...

Review Acer Switch Alpha 12: Tablet 2 in 1 Dengan Keyboard dan Stylus

DSC_acer2 - Copy

Jakarta, Selular.ID – Lambat laun laptop mulai tergantikan dengan perangkat tablet. Oleh karenanya banyak perangat pengganti laptop seperti 2 in 1 (kategori laptop yang juga berfungsi sebagai tablet) saat ini mulai marak diproduksi oleh beberapa vendor laptop. Seperti Acer yang baru saja luncurkan Acer Switch Alpha 12 yang merupakan sebuah laptop 2-in-1.

Kelebihan
– Harga relatif murah
– Sudah termasuk keyboard dan stylus
– Desain bagus dan memiliki adjustable stand

Kekurangan
– Daya tahan baterai sekitar kurang lama
– Suara speaker kurang maksimal
– Kamera kurang bagus

Laptop dan Tablet
Menjadi sebuah perangat unggulan, membuat Acer sangat serius dalam membuat produk yang satu ini. Dibalut dengan lapisan pelat metal pada bagian depan membuatnya nampak kokoh. Namun sayangnya, secara keseluruhan produk ini tidak tidak dibuat dengan material yang kokoh, hal ini terbukti beberapa bagian masih terdapat material plastik.

Dengan memanfaatkan sebuah kickstand pada bagian belakang, maka akan memudahkan pengguna untuk menonton video atau mengetik dengan bantuan keyboard yang tersedia. Di bagian belakang ada sebuah kickstand untuk menopang layar saat perangkat 2-in-1 ini dioperasikan sebagai laptop. Kickstand ini memang nampak tipis, engselnya mampu di putar hampir 180 derajat. Ini pengguna dapat meletakkan tablet dengan posisi hampir tertidur. Karet di bagian bawah kickstand akan menahan tablet untuk tidak mudah meleset dari permukaan meja.

Sebagai sebuah tablet, Switch 12 memiliki tebal 0,59 inci, ini membuat smartphone sedikit lebih tebal dan berat dari sebuah tablet standart, namun begitu tablet ini masih sangat nyaman untuk digunakan atau dipegang. Tablet Acer Switch Alpha 12 mampu digunakan sebagai tablet ataupun layaknya sebuah laptop.

Berada disebelah kiri tablet tersedia deretan tombol fisik Switch Alpha 12, seperti tombol daya, pengatur volume, dan tombol home Windows. Switch Alpha 12 menyediakan satu buah port USB 3.0, satu buah port USB type-C, serta sebuah port audio 3,5mm disebelah kanan. Pada bagian ini juga terdapat slot micro-SD yang disembunyikan pada bagian kickstand.

DSC_acer4 - Copy

Acer Switch Alpha 12 dilengkapi dengan sebuah keyboard yang menempel dengan engsel magnetik ke sisi bawah Switch Alpha 12 dan bisa dilipat seperti aksesori cover pada perangkat tablet. Jadi Saat anda gunakan sebagai sebuah notebook. Anda dapat menggunakan keyboard yang tersambung pada tablet dengan menggunakan magnet. Keyboard ini memiliki tombol-tombol full-size dan fitur backlight untuk membantu pengetikan di kondisi kurang cahaya. Jika anda menggunakannya pada mode tablet, anda dapat melepas atau memasangnya dengan mudah.

Layar
Switch Alpha 12 dibekali dengan layar 12 inci jenis IPS. Dengan jenis layar ini membuat layar pada switch alpha 12 terbilang nyaman di mata baik saat digunakan didalam ruang maupun dibawah sinar matahari. Menggunakan resolusi QHD (2160 x 1440), membuat tablet ini mampu digunakan menonton video 1080p pada resolusi penuh, atau bahkan untuk editing foto atau video. Dengan kemampuan MultiTouch membuat layar touchscreen pada Switch Alpha 12 sangat responsif. Saat dipakai kami tidak memiliki kesulitan untuk browsing web, mengetik, atau bermain game.

Acer mengklaim Switch Alpha 12 sudah dibekali dengan BlueLight Shield. Teknologi ini merupakan tekologi yang juga dipakai pada smartphone dan tablet mereka. Dengan teknologi ini Switch Alpha 12 mampu meredam cahaya biru yang biasanya lebih kuat pada layar. Sehingga pengguna mampu berlama-lama di depan tablet ini, dan terhindar dari mata lelah dan kering karena emisi cahaya biru dari layar.

Liquid loop
Sebagai sebuah laptop 2-in-1 (ketegori laptop yang juga berfungsi sebagai tablet) Acer Switch 12 diklaim sebagai menjadi laptop pertama di dunia yang mengusung sistem pendinginan tanpa kipas dengan teknologi Liquid Loop. Tanpa kipas membuat Switch Alpha 12 bisa beroperasi dengan nyars tanpa suara. Namun begitu tetap menawarkan kinerja tinggi ala laptop, karena dibekali prosesor seri Core i dari Intel, bukan seri Atom atau Core M yang performanya lebih rendah.

 

Meski tanpa kipas Acer mengklaim bahwa teknologi pendingin Liquid Loop mampu meredam panas yang ditimbulkan prosesor Switch Alpha 12 dengan efektif, dan memiliki kinera yang stabil meski tanpa bantuan kipas seperti laptop pada umumnya.

Acer Switch juga dibekali dengan keyboad Switch Alpha 12 juga dipasarkan dengan aksesori stylus. Sylush ini memiliki 256 tingkat kekuatan tekanan, sehingga mampu digunakan untuk menulis atau menggambar di permukaan layar sentuhnya selebar 12 inci dengan resolusi 2.160 x 1.440 piksel. Aksesori stylus milik Acer Switch Alpha 12 berukuran besar mirip ballpoint. Aksesori pena penunjuk ini dapat disimpan di sabuk karet kecil di samping keyboard saat tidak dipakai.

Untuk sistem opeasinya sendiri tablet ini akan berjalan diatas sistem operasi Windows versi terbaru, Windows 10 home 64 bit. Denga tampilan yang lebih nyaman dan mudah diakses, tablet ini tampilan dalam modus Metrostyle dengan paduan desain klasik Windows 7. Jika anda mengubahkan menjadi modus laptop, desain menu yang bisa diakses dari tombol Windows yang ada di sebelah kiri bawah halaman antarmuka.

Performa
Switch Alpha 12 dibekali dengan spesifikasi yang terbilang cukup baik dikelas notebook 2 in 1. Karena tablet ini sudah menggunakan prosesor Intel Core-i generasi ke 6 Switch Alpha 12. Di Indonesia sendiri Acer menawarkan dalam dua pilihan prosesor, yakni Switch Alpha 12 Core i5 dengan prosesor Intel Core i5-6200U (3 MB L3 cache, up to 2.8 GHz) dan Switch Alpha 12 Core i7 dengan prosesor Intel Core i7-6500U (4 MB L3 cache, up to 3.1 GHz).

Untuk kemampuan daya tahan baterai, Acer telah menyematkan baterai dengan kapasitas 4,870 mAh. Dengan baterai ini, Acer mengklaim bahwa tablet ini mampu digunakan hingga 8 jam penuh. Melalui charger yang telah disertakan, pengguna dapat dengan mudah untuk mengisi daya baterainya.

Kami menguji Acer Switch Alpha 12 dengan Core i5, menggunakan RAM berkapasitas 4 GB dan memori internal 256 GB SSD. Saat kami mencoba perangkat ini, beberapa game, seperti Age of EmpiresĀ®: Castle Siege mampu dijalankan dengan mulus. Game dapat ditampilkan dengan grafis yang sangat baik.

Kamera
Sebagai sebuah tablet, Acer juga menambahkan Switch Alpha dengan dua kamera dibekalang dan depan. Acer Siwtch Alpha 12 hadir dengan membawa resolusi 5MP pada kamera utama dan 2MP pada kamera depan. Didalamnya tersedia fitur standart seperti ISO, HDR, auto brightness, timer foto, dan perekaman video.

Meski tidak diunggulkan, namun hasil kamera pada tablet ini cukup baik untuk ukuran sebuah tablet. Resolusi yang memang tidak disyaratkan untuk mendapatkan hasil fotografi terbaik, namun hasilnya dirasa cukup untuk mengambil gambar dengan jelas dan detail. Namun begitu hasil foto masih menampakkan noise yang ukup banyak pada pengambilan foto diruang yang gelap.

Konektivitas
Sebagai fitur koneksi Acer Switch Alpha 12 tidak dibekali dengan SIM-card. Sehingga pengguna tidak dapat langsung terkoneksi pada jaringan internet Selular. Untuk dapat terkoneksi ke internet, pengguna harus mencari hotspot area, dengan menggunakan koneksi Wifi yang tersedia. Adajuga koneksi nirkabel lain seperti Bluetooh yang dapat mengirim gambar dengan cepat.

Acer 12

Untuk mentransfer data tersedia port USB 3.0 yang memang bisa diakui dalam membaca atau menyalin file langsung dari flashdisk bisa lebih cepat.

Ada juga Penggunaan USB Type C mempermudah aktivitas kehidupan sehari-hari, pengguna tidak perlu lagi khawatir dengan port yang terbalik, karena dengan menggunakan USB 3.1 Type C pengguna tidak akan salah lagi karena portnya memiliki sisi yang sama satu sama lainnya. Pengguna juga akan merasakan transfer data yang sangat cepat hingga mencapai kecepatan 5Gbps. Acer juga menempatkan Jack Audio 3.5 mm untuk difungsikan ke perangkat Audio, seperti speaker eksternal.

URL: http://selular.id/h8Fn6p