Review LG G5 SE: Smartphone Modular Murah Ala LG

Review LG G5 SE: Smartphone Modular Murah Ala LG

LG G5se (1)

Jakarta, Selular.ID – Ingin memiliki smartphone modular yang digadang-gadang menjadi masa depan smartphone Android? LG sudah memproduksinya melalui smartphone flagship terbarunya, yakni LG G5.  Namun jika Anda merasa tidak mampu untuk memilikinya tidak masalah karena ada versi murahnya, yakni LG G5 SE bagaimana kemampuan smartphone modular versi murah dari LG ini? Simak reviewnya berikut ini.

Kelebihan :
– Desain premium dan inovatif
– Layarnya terang dan tajam
– Memliki Dual Kamera

Kekurangan :
– Mudah selip di tangan

Bongkar Pasang
Melihat desainnya LG G5 SE hampir mirip dengan smartphone lain yang beredar di pasaran. Dibalut dengan material metal dengan desan yang membulat pada setiap sudut sikunya, membuat pengguna nyaman saat menggunakannya. Apalagi LG juga membentuknya dengan dimensi yang tipis dan ringan.

LG tidak menyematkan tombol power pada bagian sisi bodi yang biasa tersedia pada smartphone kebanyakan. Akan tetapi mereka menyematkannya pada bagian belakang bodi. Sedangkan untuk tombol volume tersedia disebelah kiri.

SIM card tray di LG G5 SE tersedia pada pada di sisi bodi. Untuk membukanya pengguna harus mengunakan SIM ejector yang tersedia pada paket penjualan. Didalamnya tersedia dua slot nano-SIM card dimana salah satunya bersifat Hybrid. Yakni , salah satu slot berfungsi ganda, selain untuk kartu SIM juga bisa untuk kartu memori microSD.

Sebagai ponsel modular pertama yang beredar dipasaran, mekanisme pemasangan baterai memang membuatnya berbeda dengan ponsel lain. Karena untuk melepas baterai, pengguna harus menekan tombol lalu menggeser bagian dasar bodi ponsel ini keluar. Dari situ anda bisa melihat antara ponsel baterai terpisah dari ‘sangkarnya’. Mekanisme ini memang memberikan keunggulan, yakni memudahkan pengguna mengganti saat baterai rusak atau saat ponsel dalam posisi hang, Anda tinggal mencabut baterai.

Sebagai ponsel modular pertama yang diluncurkan oleh LG ini patut diacungi jempol mengingat desain yang dibentuk terbilang revolusioner. Karena ponsel ini juga masih dapat dibongkar-pasang dengan aksesoris modular tambahan seperti LG Cam Plus dan LG Hi-Fi Plus yang dijual terpisah.

UX 5.0
Untuk interfacenya, LG G5 SE menggunakan OS Android 6.0.1 Marshmallow yang dilapisi dengan interface LG Optimus UX 5.0 UI diatasnya. Untuk tampilannya LG G5 SE hampir mirip dengan smartphone LG lainnya dengan 4 tombol navigasi (back, home, recent dan switch SIM Card).

LG-G5-SE

Pada tampilannya juga tidak memiliki app drawer, oleh karenanya semua sudah tersedia pada homescreen. Pada bagian homescreen tersedia 5 slot untuk pengguna dapat menempatkannya aplikasi sesuai keinginan. Pada bar notifikasi juga tersedia saat pengguna menggeser layar dari atas kebawah. Pada bagian itu juga menyediakan fitur konektivitas.

3D Arc Glass
LG membekali G5 SE dengan layar IPS LCD ukura 5.3 inci dengan resolusi yang cukup tinggi, 1440 x 2560 pixels. Mengunakan teknologi 3D Arc Glass, sehingga layar dibuat agak melengkung dan nampak menyatu dengan.

LG-G5-SE3

Pada kondisi tidak aktif layar LG G5 SE masih mampu menampilkan informasi termasuk notifikasi, ini berkat teknologi ‘Always-on Display’. Dengan tampilan layar yang dimilikinya LG mampu tampil jernih dan terang di segala kondisi, meski langsung di bawah terik matahari sekalipun.

Kamera 16MP
LG G5 SE memiliki fitur yang cukup terdepat pada bagian kamera. Dibekali dua buah kamera resolusi utama 16MP, dan 8MP tambahan yang berfungsi sebagai kamera wide angle dengan sudut pandang hingga 135 derajat. Dengan kamera ini pengguna bisa mengambil foto dengan sudut yang lebar maupun normal. Terlebih lagi LG juga menempatkan sensor infrared sehingga penangkapan auto fokus yang tersedia pada kamera menjadi cepat dalam menangkap gambar.

Kamera-LG-G5-SE

LG membawa fitur kamera yang terbilang lengkap seperti Pop-out, multiview, snap, panorama, slo-mo dan Time–lapse. Yang menarik diantara fitur tersebut adalah mode Multi-view yang menampilkan foto frame saat ingin menjepret gambar berbeda. Penguna juga dapat mengkreasikan foto dnegan menggunakan efek seperti Fisheye, B&W, Vignette serta Lens blur. Bagi yang ingin mengasah kemampuan fotografi, juga disediakan mode ‘manual’ dengan opsi pengaturan yang cukup mudah dieksplorasi.

LG-G54

Untuk hasil foto pada smartphone ini LG G5 SE terbilang cukup baik. Gambar yang dihasilkan nampak detil dan tajam dengan pancaran warna yang natural. Hasil ini bisa dilihat pada hasil kamera baik pada kondisi terang maupun low light.

Bagaimana dengan kamera selfie? Nah untuk pecinta selfie, LG G5 sudah membenamkan kamera 5MP di bagian depan. Pada kamera ini sudah tersedia Mode beauty, opsi palm dan voice capture bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto diri dengan lebih maksimal.

Performa
Sebagai versi murah, G5 SE memiliki spesifikasi yang lebih rendah. Jika pada seri LG G5 menggunakan Snapdragon 820, maka LG G5 SE menggunakan prosesor Snapdragon 652. Dengan GPU Adreno 510, dan yang lebih rendah yakni 3 GB RAM. Ini disesuaikan dengan banderol harga yang terpaut sekitar Rp 1 jutaan.

Bechmark OS

Meski menggunakan prosesor yang lebih rendah dibawah seri G5, G5 SE masih memiliki performa yang terbilang lancar dan mampu mengakomodasi semua penggunaan sehari-hari. Hal ini dibuktikan pada pengujian dengan menggunakan Benchmark AnTuTu. LG G5 SE mengantongi skor 70 ribu-an. Selular juga membuktikannya dengan memainkan game 3D yang lancar tanpa menemukan lag sedikitpun. Soal grafis LG G5 SE juga menampilkan gambar yang cukup maksimal. Baik saat main gam atau menonton video Full HD.

Batterai

Untuk kemampuan baterai, membawa Kapasitas 2800 mAh, LG G5 SE mampu mengakomodasi penggunaan smartphone secara standart sepanjang hari. Jika pengguna ingin lebih maksimal, maka LG juga menyediakan mode penghemat daya dan dulungan teknologi Quick Charge 3.0 dari Qualcomm. Sehingga pengguna dapat mengisi baterai secara penuh hanya dalam waktu 30 menit saja.

Konektivitas
Didukung dengan jaringan 4G LTE, pengguna dapat merasakan koneksi internet yang tercepat saat ini yang tersedia di Indonesia. Memiliki dua slot SIM card, pengguna dapat mengatur penggunaan komunikasi sesuai kebutuhan. Tidak hanya koneksi 4G LTE, untuk internetan masih ada koneksi Wifi yang juga mampu digunakan untuk mentransfer data. Selebihnya masih ada koneksi standart seperti Bluetooth, NFC dan Infrared.

Internet

Sayangnya kabel data yang disuguhkan oleh LG lain dari smartphone biasanya, jika biasanya smartphone menggunakan koneksi MicroUSB, namun pada LG G5 SE menggunakan koneksi USB v2.0, Type-C 1.0 reversible connector. Namun begitu koneksi ini sudah mendukung USB On-The-Go.

LG-G5-SE2

URL: http://selular.id/XUx0FK