Huawei Ascend Mate 7: Hardware Mumpuni dengan Sensor Sidik Jari

Huawei Ascend Mate 7: Hardware Mumpuni dengan Sensor Sidik Jari

3867
  • Huawei-Ascend-Mate-7

    Kelebihan:
    – Desain kokoh dan elegan
    – Layar luas memuaskan
    – koneksi lengkap
    Kekurangan:
    Suara speaker kurang keras

Suksesnya perangkat phablet (smartphone tablet), membuat banyak vendor beramai-ramai memproduksi perangkat ringkas pengganti tablet ini.  Adalah Huawei Ascend Mate7, phablet pesaing Samsung Galaxy Note 4, dengan hardware yang mumpuni.

 

Desain
Sebagai sebuah phablet, Huawei Ascend Mate 7 memiliki bentuk yang bongsor dengan dimensi 157 x 81 x 7.9 mm. Namun berkat bagian belakang yang dibentuk melengkung, Ascend Mate7 bahkan nyaman digenggam atau digunakan.

Huawei nampak sangat mempertimbangkan lebih matang pada produk andalannya yang satu ini. Dengan kombinasi material antara logam, kaca dan plastik, Ascend Mate7 dinilai sangat elegan. Sehingga menjadikan Mate7 menjadi produk yang lebih baik dari produk andalan sebelumnya.

Sebagai ponsel andalan, huawei tidak lupa menyematkan Fitur tren Fingerprint Scanner Sensor yang saat ini banyak digunakan ponsel andalan merek lain, seperti iPhone 5S, iPhone 6 maupun Samsung Galaxy S5.

Namun tidak seperti scanner pada Note 4 yang berada dibagian depan, Huawei menempatkannya dibagian belakang bodi. Panel ini berfungsi untuk mengakses ponsel, sehingga pengguna tidak harus repot memasukkan password untuk membuka layar.

EMUI 3.0
Huawei Ascend Mate 7 punya bentang layar yang cukup luas dengan 6 inci. Tapi meski luas Huawei tetap memperhatikan bentuk dengan bazel yang tipis (2.9mm). Bezel ini membuat luas layar yang dapat menempel secara maksimal sampai ketepi ponsel sehingga tidak membuat bodi menjadi lebar.

InterfaceMelengkapi kualitas layar, Huawei Ascend Mate7 memiliki panel layar dengan resolusi 1920×1080, dengan kepadatan 368 ppi. Meski bukan layar yang terbaik di pasar saat ini, tapi layar yang dimiliki Huawei Ascend Mate7 dapat memenuhi ekspektasi pengguna untuk diajak nikmati menonton video atau memainkan game favorit.

Untuk kualitas tampilan layar, Selular menilai kualitas pancaran warna sangat pas dan nyaman meski berlama-lama menggunakannya. Memiliki viewing angle yang luas, pengguna masih dapat melihat layar dari sudut manapun. Dengan antarmuka ini tampilan smartphone menjadi lebih menarik dan mudah digunakan. Dengan kemampuan layar ini, maka Ascend Mate 7 jelas dapat bersaing dengan phablet andalan merek lainnya seperti Galaxy Note 4.

Selain menampilkan sistem operasi Android, Huawei memasang interface buatan sendiri yang mereka beri nama EMUI 3.0. Antarmuka ini memiliki enam tema yang dapat dipilih sesuai selera. Jika masih kurang, pengguna masih dapat men-download tema lainnya via internet.

Secara default Ascend Mate 7 memiliki tiga tombol navigasi (back, home dan recent apps) ditempatkan pada layar virtual. Tombol ini dapat disesuaikan posisinya atau bahkan menambahkannya dengan tombol notifikasi. Bosan dengan homescreen standard, terdapat pula pilihan Simple Homescreen. Seperti namanya, homescreen ini juga memiliki tampilan yang jauh dari kesan Android.

Sayangnya Meski membawa fitur dapat menandingi phablet andalan sekelas Galaxy Note 4, Huawei tidak menyertakan kemampuan multi window sebagai sarana multitasking.

Fitur Keamanan
Untuk mendukung keamanan pada fitur fingerprint scanner, Huawei memastikan semua data pemiliknya akan menjadi milik pribadi. Dengan mengaktifkan privacy protection,  pengguna dapat mengatur pemilik atau pengguna lainnya sebagai keamanan informasi data.

fingerprintFitur ini langsung terintegrasi pada panel scanner sidik jari yang dapat mengenali pemilik dan pengguna lain yang sudah terdaftar. Dari semua sidik jari yang telah terdaftar, Ascend Mate7 akan memastikan hanya pemiliknya yang dapat mengakses data pribadi.

Ada juga fitur proteksi lain (unlock screen, access safe dan access app lock and lock/unlock apps). Dengan fitur ini tidak hanya data pribadi, pemiliknya juga dapat mengamankan aplikasi yang tidak bisa diakses oleh pengguna lainnya.

Penggunaan scaner sidik jari terbilang mudah untuk diakses, mengingat jari telunjuk pengguna mudah mengaksesnya. Tidak hanya lancar dalam penggunaannya, fitur ini juga bisa mengamankan ponsel dari pengguna lain.

Hardware
Jeroan hardware yang dimiliki Ascend Mate 7 terbilang tidak sembarangan, karena CPU sekelas Octa-core 1.8GHz telah dibekalinya. Menggunakan chipset buatan sendiri (Kirin 925), Huawei Ascend Mate7 masih didukung dengan RAM 2GB dan memori internal sebesar 16GB, jika kekurangan kapasitas memori, pengguna juga masih dapat menambahkannya melalui slot memori eksternal MicroSD.

Baca Juga:  Transformasi Digital Pacu Perkembangan Bisnis Operator

BenchmarkOKMemastikan kemampuan dapur pacu dari Ascend Mate 7, kami mencobanya untuk memainkan game berat. Hasilnya, game sekelas 3D dapat dimainkan dengan lancar. Perpaduan antara prosesor dan kapasitas RAM membuat game dapat dimainkan dengan lancar. Pengujian juga dilanjutkan dengan menggunakan aplikasi Antutu benckmark. Dari aplikasi ini Ascend Mate7 mampu mendapatkan skor sekitar 44 ribu-an.

Oleh karenanya untuk mejalankan hardware powerfull, Huawei tidak lupa akan kekuatan baterai. Baterai Li-Polymer berkapasitas 4100mAh disiapkan telah terintegrasi didalam jeroan unibody. Dibekali fungsi 3 mode power saver (Ultra, Smart, atau Normal),  mode ini ponsel dapat memperkirakan kekuatan daya tahan baterai. Huawei mengklaim Ascend Mate7 memiliki kekuatan daya yang tahan lama, bahkan untuk browsing, Ascend Mate mampu mengefisiensikan penggunaan baterai 30% lebih lama.

Seperti yang diharapkan, Huawei berhasil membuat ponsel dengan daya tahan yang lama. Dengan kapasitas baterai yang besar, kemampuan daya Mate 7 sangat baik. Kami membukitikan sendiri dengan penggunaan standart, ponsel ini mampu bertahan lebih dari seharian.

Kamera
Untuk fitur fotografi, Huawei menyediakan dua kamera utama 13MP dan 5MP sebagai kamera depan. Mengingat ukuran Mate7 yang cukup besar, selain dapat mengambil foto seperti ponsel pada umumnya, tersedia pula pula shutter ekstra di pada panel scanner sidik jari. Dengan fitur Mode HDR, ISO yang dapat diatur hingga 800, lensa aperture f/2.0 serta LED flash dapat membantu kualitas masih terang meski menghadapi situasi pencahayaan yang kurang.

KameraBeralih menggunakan kamera, fitur HDR dan auto focus dapat berkerja baik baik, sehingga foto yang dihasilkan juga nampak tajam dan dapat menangkap objek foto dengan sempurna. Tidak hanya dengan pengambilan foto standar, kemampuan pengambilan foto melalui panel sidik jari juga tidak masalah. Panel sidikjari saat mengambil foto sejatinya tidak mengenali sidik jari pengguna, melainkan hanya sebuah panel yang berubah menjadi sebuah tombol sentuh shutter.

Hasil Foto:

DelmanokhdrMonasMultimedia
Secara defaul aplikasi gallery di Ascend Mate7 menggunakan tampilan Timeline, sehingga semua gambar dan video akan diurutkan berdasarkan tanggal pengambilan. Namun meski begitu Anda masih dapat mengubahnya dengan ampilan stadart Album view, yag diurutkan berdasarkan album.

Ketika menjalankan video player, Huawei Ascend Mate7 mampu memutar beragam jenis file video. Untuk memutar musik Huawei Ascend Mate7 datang dengan musik player bawaan yang menawarkan ukuran menurut songs, artists, albums, folders atau menciptakan playlists sendiri. Musik player ini masih dibekali dengan Dolby Mobile dan equalizer yang membawa banyak pilihan presets atau pengaturan kostumisasi custom equalizer.

Selain musik player dan video player, Huawei Ascend Mate7 memiliki fitur FM radio. Untuk memainkannya anda harus menggunakan headset terlebih dahulu, meski masih dapat dimainkan melalui loudspeaker.

Kami mencoba phablet ini untuk menonton video degan resolusi 1080p. ponsel dapat memutar file video jenis AVI dengan lancar tanpa ada masalah.

Seiring dengan kemampuan video, kualitas video juga juga mendapat perlakuan yang maksimal dari Huawei. Ascend Mate 7 membenamkan Dolby DTS, pada speaker yang dibenamkan dibagian belakang. Tidak seperti HTC One Max yang menghadap depan, speaker Ascend Mate 7 tidak begitu terdengat saat pegangan tangan penggunanya menutupi lubang speaker, apalagi saat memegang ponsel dalam modus landscape.

Konektivitas
Punya ponsel Android yang powerfull tidak lengkap rasanya jika tidak dibarengi dengan kemampuan internet yang mumpuni. Koneksi LTE Cat6 dengan kemampuan downlink hingga 300 Mbps telah disiapkan agar semua pengguna Ascend Mate7 dapat pada terhubung pada semua jaringan LTE di hampir seluruh dunia.

KoneksiDengan kecepatan tersebut, maka menonton streaming video tanpa putus, mendownload file lagu maupun berbagi dokumen bisa dilakukan dalam hitungan detik. Tidak hanya koneksi jaringan seluler, Huawei Ascend Mate7 juga dibekali fitur koneksi terkini seperti, NFC, Bluetooth, kabel data dan microUSB.

URL: http://selular.id/oWg66