Tri dan XL Tak Setuju dengan Pengaturan Batas Bawah Tarif Data

Tri dan XL Tak Setuju dengan Pengaturan Batas Bawah Tarif Data

SHARE

XL tidak setuju batas bawah tarif dataJakarta, Selular.ID – Usulan tentang pengaturan tarif bawah data oleh Indosat Ooredoo, ditanggapi beragam oleh kalangan industri. Dua operator masing-masing Tri dan XL Axiata malah tidak antusias dengan usulan tersebut.

Danny Buldansyah, Wakil Dirut Hutchinson Tri Indonesia (H3I) berpendapat ditetapkannya aturan batas bawah belum tentu dapat menyelesaikan masalah. Justru mungkin akan menimbulkan masalah baru.

“Misalnya operator ingin menawarkan produk baru dengan discount akan dianggap melanggar batas bawah. Biasanya jika ada operator yang baru launching service di area baru akan memberikan tarif yang relatif murah. Jika ada aturan batas bawah kemungkinan hal ini sulit dilakukan dan lain-lain,” kata Danny.

Senada dengan Danny, Dirut XL Axiata Dian Siswarini tidak sependapat dengan anggapan bahwa telah terjadi perang tarif layanan data di antara para operator. Ia menilai saat ini persaingan tarif layanan data atau internet antara operator di Indoenesia masih dalam taraf wajar.

“Menurut saya sekarang kondisinya masih wajar kok, kita nggak sedang price war gila-gilaan,” katanya.

Dian menambahkan, tarif merupakan alat untuk berkompetisi bagi setiap operator, dan tentu saja setiap operator tidak ingin bisnisnya merugi. Cost structure operator berbeda-beda dengan strategi bisnis yang berbeda-beda juga. Hal Ini menyebabkan level tarif tidak sama untuk semua operator.

“Penetapan tarif bawah oleh pemerintah belum tentu memperbaiki masalah operator yang merasa bisnisnya kurang menguntungkan,” ujarnya.

Karena, imbuh Dian, masih ada faktor lain yang harus lebih diperhatikan, misalnya mekanisme pengawasan. Ia mengusulkan, sebaiknya pemerintah menurunkan cost industri dengan cara misalnya mengurangi regulatory charges.

URL: http://selular.id/At9f3w