Kominfo Akui Besarnya Kontribusi Telkomsel Terhadap PNBP

Kominfo Akui Besarnya Kontribusi Telkomsel Terhadap PNBP

SHARE

Ramli Kominfo
Jakarta, Selular.ID – Meski belakangan pertumbuhan industri selular tak lagi mewah, namun PNBP yang didapat pemerintah dari sektor telekomunikasi masih terbilang besar. Terbukti dalam beberapa tahun terakhir, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjadi kementerian kedua penyumbang terbesar PNBP. Posisi pertama diduduki Kementerian ESDM.

Diketahui Kominfo pada 2016 mampu menyumbang PNBP sebesar Rp 14 triliun. Sedangkan di tahun ini, Kominfo ditargetkan dapat menyetorkan PNBP senilai Rp 16,57 triliun.

Menurut Ahmad M.Ramli, Dirjen Penyelenggaraan Pos & Informatika (PPI), tingginya sumbangan PNBP yang disetor pemerintah dari Kominfo tak terlepas dari kinerja yang dibukukan para operator selular. Terutama Telkomsel yang sejak lima tahun terakhir mencetak pertumbuhan double digit, di atas pertumbuhan rata-rata industri.

Selain mengakui besarnya kontribusi Telkomsel dalam bentuk PNBP, Ramli juga mengapresiasi komitmen Telkomsel yang terus memperluas jaringan hingga ke pelosok dan daerah terpencil di Indonesia.

Pembangunan jaringan yang meluas ini akan menguntungkan masyarakat, karena akses komunikasi menjadi terbuka, khususnya layanan data yang saat ini dirasa sudah menjadi kebutuhan berikutnya.

“Pembangunan infrastruktur dan layanan yang menjangkau 95% populasi, pada akhirnya akan meningkatkan produktifitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat”, ujar Ramli, saat berbicara dalam HUT Telkomsel di Jakarta (14/7/2017).

Ramli juga mengapresiasi agresifitas Telkomsel yang terus membangun jaringan, khususnya BTS 3G dan 4G ke seluruh Indonesia. Pasalnya, Akses internet yang cepat dapat meningkatkan perekenomian suatu negara. Menurut Bank Dunia, sekitar 10 persen penetrasi broadband di suatu negara dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional sekitar 1,38 persen.

Saat ini untuk melayani 170 juta pelanggan, Telkomsel tak surut membangun BTS. Hingga kuartal kedua 2017, Telkomsel telah membangun 150.000 BTS di seluruh Indonesia, dengan 60% diantaranya adalah BTS broadband.

URL: http://selular.id/vCbNLl