XL Evaluasi Layanan Potensial Di Bisnis Digital

XL Evaluasi Layanan Potensial Di Bisnis Digital

SHARE

XL IoT

Jakarta, Selular.ID – Di saat Indosat Ooredoo telah mematikan salah satu produk di bisnis digital, XL Axiata malah sedang giat-giatnya memperkuat lini bisnis digital mereka. Kendati pendapatan dari bisnis digital masih terhitung kecil, namun pertumbuhannya sesuai dengan harapan.

Sejak empat tahun lalu, XL telah mengembangkan beberapa layanan di bisnis digital, diantaranya digital advertising, digital money, digital commerce (e-commerce), cloud business, dan Internet of Things. Namun tidak semua layanan bakal berumur panjang, pasalnya menurut penuturan Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata, operator ini tengah mengevaluasi produk yang menguntungkan.

“Kita sekarang sedang scanning mana yang mau dikembangkan lebih lanjut, mana yang mau ditransfer dan mana yang mau dimatikan. Yang jelas IoT akan dikembangkan lebih lanjut,” ujar Dian.

Kemajuan teknologi digital yang sangat pesat menjadi tantangan XL untuk terus mengembangkan bisnis IoT yang mampu memberikan solusi bagi semua kalangan.

Selain itu, Ia menjelaskan, di industri telekomunikasi, kontribusi bisnis digital paling banyak berasal dari iklan digital.

Salah satu sektor paling menjanjikan sekaligus dengan persaingan paling sengit adalah e-commerce. Sampai bulan Agustus mendatang, pihak XL masih melakukan assessment terhadap Elevenia guna mengetahui performa bisnisnya. Tindakan fundraising sengaja diambil untuk mendapatkan tambahan modal dari investor.

“Karena perkembangannya, makanya butuh modal yang lebih besar,” ujarnya.

URL: http://selular.id/LwRV5L