4G LTE 1800Mhz: Telkomsel di Makassar, Indosat dan XL di Kalimantan

4G LTE 1800Mhz: Telkomsel di Makassar, Indosat dan XL di Kalimantan

SHARE
Ilustrasi 4G LTE (Foto: istimewa)
Ilustrasi 4G LTE (Foto: istimewa)

Jakarta, Selular.ID – Saat ini operator selular tengah melakukan penataan ulang frekuensi 1800Mhz yang akan digunakan untuk menggelar layanan 4G LTE. Usai penataan ini Menteri Komunikasi dan Informatika berharap ada satu wilayah di Timur Indonesia yang pertama merasakan layanan internet cepat ini pada saat penataan selesai dilakukan.

Makassar dikabarkan menjadi kota pertama di wilayah Indonesia Timur yang akan merasakan 4G LTE seperti yang pernah disampaikan oleh Ivan C Permana, VP Technology & System Telkomsel.

Namun demikian kehadiran internet cepat ini sepertinya hanya akan dirasakan oleh pelanggan Telkomsel karena Indosat dan XL Axiata akan menggelar 4G LTE-nya di Kalimantan.

Hal tersebut disampaikan Alexander Rusli, President Director dan CEO Indosat kepada Selular.ID (13/5/2015) ketika santap malam bersama di Penang Bistro, Jakarta. “Sepertinya Telkomsel sendirian di Makassar, Indosat dan XL akan gelar di Kalimantan,” jelasnya.

Sayangnya Alex tidak dapat menyebutkan kota mana di Kalimantan yang akan segera merasakan internet cepat ini dan kapan waktunya.

Selain itu, Menkominfo juga berharap ada satu kota dimana ketiga operator ini bisa secara bersama-sama menghadirkan layanan 4G LTE. Terkait keinginan Menkominfo ini, Alex menyampaikan operator sudah sepakat dan sedang berdiskusi kota mana yang akan digelar secara bersamaan.

Sebagai informasi, saat ini proses penataan frekuensi 1800Mhz oleh operator ini tengah memasuki cluster kedua yang berada di Papua setelah cluster pertama di Maluku selesai ditata dengan mulus.

URL: http://selular.id/omv2x0