Rilis Laporan, Pengguna Twitter Tumbuh 0 Persen

Rilis Laporan, Pengguna Twitter Tumbuh 0 Persen

SHARE

Jack Dorsey CEO Twitter
Jakarta, Selular.ID – Indonesia termasuk negara dengan pengguna media sosial terbesar. Jika Anda salah satu pengguna platform microblogging Twitter, pasti mengetahui kalau layanan tidak henti-hentinya menyajikan fitur baru yang inovatif. Meski di layar ponsel Twitter tampak baik-baik saja, namun sepertinya perusahaan tengah dirundung masalah besar. Raksasa media sosial tersebut masih berjuang untuk merangsang pertumbuhan berarti.

Twitter baru saja merilis laporan keuangan kuartal kedua 2017. Berlawanan dengan prediksi analis, layanan microblogging itu berhasil meraup pendapatan sebesar $574 juta selama kuartal terakhir. Angka itu $37 juta lebih banyak dari perkiraan Wall Street dan $26 juta lebih banyak daripada pendapatan kuartal pertama. Itu bisa juga diartikan keuntungan Twitter sekitar 12 sen per saham.

Yang mengkhawatirkan adalah, Twitter sepertinya gagal saat menyangkut pertumbuhan pengguna. Perusahaan mengungkapkan bahwa saat ini platformnya memiliki 328 juta pengguna. Itu adalah angka yang sama persis yang dilaporkan pada kuartal sebelumnya.

Mungkin satu-satunya titik terang adalah pertumbuhan 12 persen pada pengguna aktif sehari-hari. Tapi karena Twitter memilih untuk tidak membagikan angka rinci untuk metrik ini, sulit untuk mengukur bagaimana sebenarnya engagement pengguna ke platform. Jadi, Twitter berhasil meningkatkan pendapatan tanpa menumbuhkan basis pengguna. Tentu ini cukup mengesankan. Padahal para ahli sebelumnya telah memprediksi pendapatan Twitter akan terus berkurang, karena ketidakmampuannya untuk menarik pengguna baru selama dua tahun terakhir.

Sementara rival microblogging asal China, Weibo, praktis telah mengambil alih Twitter di hampir setiap departemen. Oktober lalu, Weibo mencapai tonggak monumental ketika pangsa pasarnya naik menjadi $11,35 miliar, mendekati nilai Twitter di $14,34 miliar. Twitter berhasil merebut kembali posisinya sebentar, namun Weibo akhirnya memimpin lagi di bulan Februari.

Kemudian pada bulan Mei, BBC melaporkan Weibo telah mengumpulkan total 340 juta pengguna aktif bulanan dibandingkan dengan Twitter yang 328 juta. Sejak saat itu, saingan Tiongkok telah menaikkan pangsa pasarnya menjadi $16,69 miliar, membuat Twitter terkorosi dengan $14,33 miliar.

Media sosial titan itu dikabarkan berusaha mencari pembeli tahun lalu, dan sepertinya tidak berjalan sesuai harapan.

URL: http://selular.id/NhiulZ