Setelah PC , Kini Android Menjadi Sasaran Mobile Ransomware

Setelah PC , Kini Android Menjadi Sasaran Mobile Ransomware

SHARE

Setelah PC , Kini Android menjadi sasaran Mobile RansomwareJakarta, Selular.ID – Ransomware merupakan program jahat yang bekerja mengenskripsi atau mengunci data pada PC sehingga tidak dapat diakses oleh pemiliknya. Hal tersebut sempat mengemparkan dunia cyber beberapa bulan silam yang terkenal dengan ransomware bernama WannaCry,

Setelah sukses dengan serangan terhadap pengguna berbasis PC, kini ransomware mulai melirik OS besutan Google atau yang lebih akrab disebut Android.

‚Äúserangan mobile ransomware umumnya tidak berbeda dengan ransomware PC, hanya saja mobile ransomware menggunakan blocker, mobile ransomware memblokir browser dan sistem operasi. Jika memblokir browser, hanya browser yang tidak bisa dibuka, tapi jika memblokir sistem operasi seluruh aplikasi akan tidak bisa dibuka,” Ujar Dony Koesmandarin selaku Kaspersky Lab Teritorry Channel Manager Indonesia.

Ketika aplikasi atau browser diklik pop-up akan muncul bertuliskan “Attention…”. Hal ini menandakan perangkat mobile telah terjangkit ransomware, lanjut Doni

Untuk mengurangi resiko terinfeksi mobile ransomware pengguna diharapkan untuk melakukan backup data secara teratur, menggunakan sistem keamanan (antivirus) yang handal , serta selalu memperbarui sofware pada semua perangkat yang digunakan.Pengguna juga dapat memanfaatkan situs https://noransom.kaspersky.com/ untuk menemukan alat deskripsi yang dapat membantu pengguna menggembalikan file yang terenkripsi.

URL: http://selular.id/UeRAJy