Begini Cara Kerja Ransomware Petya

Begini Cara Kerja Ransomware Petya

SHARE

golden eye virusJakarta,Selular.ID – Baru reda ancaman virus yang menyerang jaringan komputer, kini ransomware Petya menyerang jaringan komputer global.

Diberitakan The Verge virus ini mulai menyerang sejak Selasa pagi. Dikabarkan sudah banyak yang menjadi korban. Di antaranya, yaitu perusahaan minyak di Rusia, bank-bank di Ukraina, pabrik cokelat di Australia, dan perusahaan pengelola peti kemas di India.

Dalam dua hari ini, di media sosial Twitter banyak orang yang mengunggah foto komputer mereka yang terinfeksi.
Teks yang ditampilkan hacker berbunyi $.Jika Anda melihat ini, file Anda sudah tidak bisa diakses kembali. Tapi jangan buang waktu Anda untuk memulihkan file karena tak ada yang bisa selain kami”

Jaringan sistem komputer tersebut lumpuh. Agar bisa mengaktifkannya kembali perusahaan harus membayar tebusan sebesar USD300, atau setara Rp4 juta.

Kevin Johnson CEO perusahaan keamanan digital Secure Ideas, munuturkan serangan siber dapat menghancurkan kita dengan mudah ketimbang serangan militer secara fisik.

Dia menyebutkan, ransomware Petya alias GoldenEye seperti Wannacry mengunci akses ke data apapun pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.

Menurut Johnson, seluruh komputer Windows bisa berpotensi terinfeksi ransomware Petya. Termasuk, komputer yang sudah diupdate. Dia menjelaskan, virus ini masuk melalui WMIC (Windows Management Instrumentation Command Line) dan PSEXEs, penghubung ke jaringan Internet untuk Windows.

Johnson meyakini kalau ransomware Petya hanya butuh satu komputer yang punya akses administrator untuk masuk ke dalam jaringan. Selain itu, virus ini juga bisa menyebar melalui e-mail phising.

Namun, menurut dia, jangan terlalu banyak berharap dengan antivirus meski sudah update. Sebab, ransomware Petya akan selalu mengubah dirinya agar menghindari deteksi.

Salah satu korban ransomware Petya adalah perusahaan kilang minyak milik Rusia, Rosneft. Tidak sampai disitu ada laporan bahwa hacker juga menyerang Bank Nasional Ukraina (NBU) dan Oschabank menggunakan Petya. Selain itu, ada juga perusahaan raksasa di dunia yang dikabarkan diserang Petya. Juga, pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl.

URL: http://selular.id/vEunoS