Google Minat Beli Soundcloud Senilai Rp6,6 Triliun

Google Minat Beli Soundcloud Senilai Rp6,6 Triliun

776

soundcloud

Jakarta, Selular.ID – Beberapa bulan ke belakang santer kabar layanan streaming musik Spotify berencana membeli Soundcloud. Lantaran Soundcloud terancam bangkrut. Sayangnya, rencana itu gagal di tengah jalan. Google pun dikabarkan juga berminat mengakuisisi Soundcloud.

Menurut laporan dari Music Business Worldwide, Google sedang mempertimbangkan untuk mengakuisisi Soundcloud dengan dana sebesar US$500 juta atau sekitar Rp6,6 triliun. Bila rencana ini terjadi, kemungkinan Google bakal mengintegrasikan Soundcloud dengan Google Play Music.

SoundCloud menjadi layanan music streaming paling tertinggal ketimbang layanan sejenis lainnya. Strategi SoundCloud untuk menghadirkan layanan berbayar dianggap tidak berhasil menarik perhatian para penggunanya. Layanan yang dinamai SoundCloud Go itu dianggap tidak berhasil mencapai satu juta pelanggan saat diluncurkan pada Maret 2016 lalu.

Baca Juga:  Google Akan Hapus Banyak Aplikasi di Play Store, Apa Alasannya?

Soundcloud sulit bersaing dengan banyak platform streaming yang sudah mapan, seperti Spotify, yang memiliki katalog jauh lebih banyak.

Terkait proses akuisisi ini, baik Google maupun SoundCloud memang belum mengkonfirmasi apa pun. SoundCloud mengaku telah mengantongi beberapa nama perusahaan yang tertarik membeli, namun Google nampaknya menjadi kandidat “favorit” di antara semua calon pembeli.

URL: http://selular.id/amHIFW