3 Tahun di Indonesia, Oppo Masih Pelajari Perilaku Konsumen

3 Tahun di Indonesia, Oppo Masih Pelajari Perilaku Konsumen

SHARE

IMG_20170807_223659
Jakarta, Selular.ID – Pabrikan ponsel asal Tiongkok, Oppo resmi hadir di pasar Indonesia sejak 2014. Vendor ini telah meluncurkan belasan model dengan sejumlah varian berbeda. Model terakhir, Oppo F3 FC Barcelona Limited Edition, ludes dalam hitungan jam.

Smartphone edisi klub sepakbola asal Spanyol itu menjadi varian keenam dari Oppo F3 secara keseluruhan. Sejak hadir awal Mei silam, Oppo F3 hadir dalam enam “wajah”. Mereka adalah edisi regular, Rose Gold, Reza Rahadian, Gold, Black, dan yang terbaru F3 edisi FC Barcelona.

“Edisi Reza Rahadian kita cuma tersedia 600 unit, dan sudah habis. Sekarang edisi Barcelona kita sediakan 300 unit. Total semua ada enam varian Oppo F3,” papar Alinna Wenxi, Brand Manager Oppo Indonesia kepada Selular.ID pada peluncuran Oppo F3 Barcelona Limited Edition di Jakarta (7/8/2017).

Ketika ditanya mengapa Oppo F3 hadir dalam banyak varian yang bukannya akan membingungkan konsumen, vendor menjawab karena hingga saat ini mereka masih mempelajari perilaku masyarakat Indonesia dalam merespon sesuatu hal yang disajikan perusahaan.

“Banyak varian tidak akan bikin masyarakat bingung, kecuali spesifikasinya berbeda-beda. Kan spesifikasinya sama, jadi tidak akan bingung. Oppo F3 akan tetap F3. Setelah FCB Edition, ke depannya kita akan keluarkan F3 Red Edition,” ujar Aryo Meidianto, Media Engagement Oppo Indonesia.

Kalau soal jumlah stok yang berbeda, Aryo mengungkapkan itu untuk eksklusivitas pembeli. “Kita bukannya hanya ingin jualan, melainkan agar masyarakat bisa mendapat eksklusivitas. Dengan jumlah yang berbeda, kami juga ingin melihat bagaimana respon penggemarnya Reza, fansnya Barca, bagaimana penyuka warna hitam, warna merah, dan lain-lain,” papar Aryo.

Bagaimana pun juga, lanjut Aryo, meski sudah 3 tahun di sini, Oppo masih belajar pola konsumsi pasar Indonesia. Bagaimana perilaku konsumen, kebiasaanya seperti apa, bagaimana respon terhadap special edition, apakah mereka lebih suka warna hitam, emas, merah, atau yang regular, dan lain-lain.

“Dengan jumlah yang berbeda-beda juga akan menimbulkan rasa eksklusivitas sebagai orang yang memilikinya. Tujuannya adalah agar value dari handphone itu jauh lebih besar dari harga yang tertera di pasar saat ini,” pungkas Aryo.

Sebagai informasi (meskipun sudah habis terjual), Oppo F3 Barcelona mengusung spesifikasi sama dengan F3 reguler. Mulai dari keunggulan dual camera selfie dengan resolusi 16MP + 8MP, sementara kamera utama di belakang berresolusi 13MP.

Oppo F3 Barcelona sudah ditopang RAM 4GB dengan internal storage 64GB. Dapur pacu Oppo F3 dibekali dengan prosesor Mediatek MT6750T Octa-core 1.5GH. Bentang layar 2.5D Full HD berukuran 5.5 inci, RAM 4GB, penyimpanan internal 64GB, sensor fingerprint, dan baterai 3200mAh.

URL: http://selular.id/acCn7k

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here