Resmi Diumumkan, Qualcomm Snapdragon 660 dan 630 Dukung Fitur Premium

Resmi Diumumkan, Qualcomm Snapdragon 660 dan 630 Dukung Fitur Premium

SHARE

IMG_20170509_170812
Singapura, Selular.ID – Smartphone high-end keluaran terbaru bakal dibekali fitur setara handset premium berkat solusi anyar yang ditawarkan Qualcomm. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut resmi mengumumkan platform mobile varian baru untuk kategori high-tier, yakni Snapdragon 660 dan 630.

“Snapdragon 660 sudah tersedia secara global hari ini, produk yang menggunakan platform mobile tersebut kami perkirakan beredar di pasaran pada akhir Juni 2017. Sementara Snapdragon 630 akan tersedia akhir Mei, produk yang mengusungnya mungkin akan ada di market mulai kuartal ketiga 2017,” ujar Kedar Kondap, Wakil Presiden, Manajemen Produk, Qualcomm Technologies, Inc. pada acara Snapdragon Tech Day di Hotel Fairmont Singapura (9/5/2017).

Ditujukan bagi smartphone kelas atas, penerus platform mobile Snapdragon 652 dan 625 itu mengusung sejumlah fitur yang belum pernah ada di kategori 600 sebelumnya.

Kedua platform mobile tersebut dirancang untuk “menangani” tugas berat yang diperintahkan pengguna mulai dari fotografi tingkat tinggi, peningkatan experience saat bermain game berat, daya tahan baterai lebih lama, serta penambahan kecepatan download dan upload di jaringan LTE.

Fitur unggulan yang pertama kali akan dirasakan pemilik smartphone dengan platform mobile Snapdragon seri 600 antara lain: peningkatan kualitas kamera, audio, pemrosesan visual, konektivitas, peningkatan kerja CPU dan GPU, pengisian baterai cepat, keamanan, serta machine learning yang lebih baik, sehingga pengalaman mobilitas mereka akan menjadi lebih istimewa,” papar Kedar.

Baik platform mobile Snapdragon 660 maupun 630 memiliki arsitektur modem dan kamera yang sama, serta memiliki software dan soket elektronik yang kompatibel, sehingga memudahkan OEM untuk membuat, menguji, dan menyesuaikan perangkatnya.

Kedua platform menggunakan kemampuan proses 14nm FinFET dan menyediakan perekaman video 4K dan kemampuan playback, bersama dengan memori maksimum 8GB dan dukungan Vulkan API.

Selain itu, platform mobile Snapdragon 660 juga mendukung tampilan hingga resolusi QHD (2K) sementara Snapdragon 630 mendukung FHD/QXGA (1080p).

Baru diumumkan, Kedar bungkam soal merek smartphone yang sudah menyatakan akan menggunakan dua platform mobile terbarunya.

“Tunggu saja pengumuman resmi mereka (vendor smartphone) Juni mendatang,” pungkas Kedar.

URL: http://selular.id/IxWoor