OLX Jawab Tudingan Opera Terkait Keamanan Data Pelanggan

OLX Jawab Tudingan Opera Terkait Keamanan Data Pelanggan

2007

olx

Jakarta, Selular.ID – Pada awal November lalu, hasil penelitian Opera mengenai pembocoran data pengguna di beberapa situs e-commerce cukup menggemparkan. Pasalnya, penyedia layanan browser tersebut menyebut sejumlah online store besar di Indonesia seperti Bukalapak, OLX, Elevenia, dan masih banyak lagi. Tentu saja, hal ini bisa mempengaruhi faktor Trust (kepercayaan) yang selama ini gencar dibangun oleh pelaku e-commerce.

Untuk mengedukasi konsumen atas permasalahan ini, OLX melakukan klarifikasi dan membantah tudingan penelitian Opera. Walau sedikit telat, pihak OLX Indonesia menyatakan bahwa tidak pernah menyentuh atau membocorkan data pribadi pengguna karena mereka pada dasarnya mengusung konsep ‘iklan baris’. Penjual dan pembeli berhubungan secara langsung, dan OLX di sini hanya menyediakan platform saja.

“Saat tahu masalah ini, reaksi saya adalah bingung. Karena membocorkan kredensial data pribadi dari pengguna yang mana? Secara independen penjual memasukkan data pribadi mereka, seperti nomor telepon, agar produknya bisa dijual dengan cepat,” kata Rendra Toro, Technical Manager OLX Indonesia, saat mengadakan media briefing untuk menjawab tudingan Opera, bertempat di Hongkong Cafe, Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Rendra menjelaskan, OLX memang tidak menggunakan HyperText Transfer Protocol Secure (HTTPS) secara menyeluruh pada platform OLX.co.id, tapi juga tergantung pada HyperText Transfer Protocol (HTTP). Saat pakai HTTPS, perusahaan melihat adanya keluhan dan penurunan pengguna yang cukup signifikan. Mereka mengeluhkan akses yang lambat dan kemunculan iklan. Kondisi ini terjadi terutama pada platform mobile. “Kalau mau aman, belum tentu nyaman. Begitu juga sebaliknya. Kedepannya kiya akan fully HTTPS tapi tidak mengurangi kenyamanan user saat mengakses situs kita,” jelas Rendra.

Baca Juga:  ​OLX Ajak Masyarakat Untuk Manfatkan Barang  Bekas di Program #Amazingseller 

Mengenai informasi yang dikumpulkan oleh trackers, pada platform OLX.co.id informasi tersebut sebagian besar adalah informasi yang terbuka dari pengguna internet saat mereka browsing ke situs OLX. Informasi ini yang digunakan oleh OLX untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pengguna saat berjual beli di platform. Penggunaan tracker di sistem e-commerce sebenarnya sudah lumrah.

“Dan yang terpenting, kami tidak pernah membagikan informasi pribadi pengguna kepada pihak lain,” tegas Rendra.

Ia menambahkan, sebagai perusahaan yang mengutamakan pengguna, OLX sangat menjaga privasi penggunanya dengan terus mencari solusi tentang hal ini. “Dalam waktu dekat, kami akan meluncurkan platform baru yang lebih aman tanpa mengganggu pengalaman pelanggan,” pungkasnya.

URL: http://selular.id/q847d7