Bukalapak Masih Dihantui Diskon Palsu

Bukalapak Masih Dihantui Diskon Palsu

bayu syerli bukalapak

Jakarta, Selular.ID – Salah satu jurus ampuh menarik minat belanja konsumen di toko online adalah memasang diskon besar. Pihak e-commerce tidak berhenti berlomba untuk memberikan pilihan produk terbaik dengan harga bersaing, pelayanan optimal, dan proses yang mudah. Konsumen pun semakin percaya dan semakin dimanjakan.

Namun tak melulu harga yang diberikan benar-benar banderol diskon. Ada saja oknum penjual yang nakal, dengan lebih dulu menaikkan harga dan kemudian memberikan harga akhir seolah-olah telah dipotong harga atau lebih dikenal dengan istilah fake discount. Padahal, memang itu harga aslinya. Kecurangan ini kerap terjadi di situs e-commerce dengan konsep marketplace, di mana penentuan harga dan diskon menjadi kewenangan si penjual.

“Kita sudah cukup banyak belajar tahun lalu saat kita adakan Harbolnas sebesar itu. Kita memang mengakui banyak sekali fraud atau kecurangan-kecurangan terjadi. Tapi kita yakin di Harbolnas kali ini kita sudah banyak belajar,” ungkap Bayu Syerli, Vice President Marketing Bukalapak, saat disinggung soal fake discount yang bertebaran di situsnya.

Baca Juga:  Keagenan Jadi Strategi Baru E-Commerce

Mengantisipasi hal tersebut, Bayu menegaskan, Bukalapak sendiri telah menerapkan beberapa sistem yang bisa mendeteksi terjadinya fraud atau kecurangan. Sistem auto-detection itu bisa membaca perilaku kecurangan-kecurangan yang dilakukan pelapak (sebutan untuk penjual di Bukalapak). Bila ada pelapak yang berbuat curang, Bukalapak tak segan-segan melakukan peneguran.

“Teguran paling keras kita block,” ujarnya.

Selain sistem deteksi, situs e-commerce lokal ini juga mempunyai tim trust and fraud, yang tugasnya melacak secara manual pelapak-pelapak yang melakukan kecurangan.

“Kita sudah menerapkan sejak beberapa bulan yang lalu. Jadi, sistemnya sudah proven. Kita harap di Harbolnas tidak terjadi kecurangan-kecurangan yang sama, yang terjadi juga di e-commerce tahun lalu,” kata Bayu.

URL: http://selular.id/6RWwkT