BBM Money Sudah Mati

BBM Money Sudah Mati

BBM
Jakarta, Selular.ID – Sistem pembayaran BlackBerry Messenger (BBM) Money, sudah ditutup pertengahan tahun ini. Padahal, layanan baru beroperasi resmi di Indonesia Juni tahun lalu. Saat ini platform chat yang berada di bawah naungan Emtek itu tengah memformulasikan metode pembayaran baru yang dijadwalkan meluncur akhir Januari 2017.

Ditemui Selular.ID, CEO BBM Matthew Talbot menerangkan bahwa pembayaran di dalam aplikasi untuk saat ini menggunakan BBM Checkout. Namun tahun depan, akan ada layanan baru bernama BBM Pay.

“BBM Money sudah ditutup. Januari mendatang kami akan meluncurkan BBM Pay. Setiap pengguna baru akan memiliki akun Doku Wallet,” seru Matthew Talbot di Jakarta (6/12/2016).

Ketika ditanya kenapa harus membuat-ulang sistem pembayaran di BBM, Matthew menjelaskan bahwa sistem pembayaran yang didirikan Februari 2013 silam itu merupakan aplikasi terpisah dari BBM, sehingga akan sedikit menyusahkan pengguna untuk menggunakannhya. Terutama mereka yang memiliki memori terbatas di smartphone karena harus menginstal aplikasi lain.

“Kami menutup BBM Money karena dia adalah aplikasi terpisah. Untuk kenyamanan konsumen, sistem pembayaran pun harus di dalam BBM. Maka dari itu kami membuat yang baru,” ujar Talbot.

Saat ini pengguna bisa memanfaatkan BBM Checkout untuk membeli konten atau barang apapun di dalam aplikasi, dengan menggunakan credit card, rekening bank, partnership dengan veritrans.

Menurut Talbot, mobile payment sangat penting khususnya di Indonesia, yang mencanangkan program cashless society. Kelak, dengan BBM Pay, pengguna akan bisa melakukan topup saldo, membeli vocer listrik, membayar tagihan air/listrik, dari dalam aplikasi.

BBM Pay juga akan mendukung semua merchant yang bekerjasama dengan Doku seperti Alfamart dan Apotek K24. Jadi pengguna bisa membayar belanjaan di Alfamart dari BBM, tanpa harus menginstal aplikasi lain.

Talbot memaparkan bahwa dompet digital sudah ada sejak lama, tapi kurang sukses di Indonesia, karena masyarakat tidak punya cukup alasan untuk menggunakannya.

“Sementara BBM memiliki 64 juta pengguna aktif harian di sini. Jika mereka semua punya mobile wallet, mereka akan bisa melakukan transaksi apa saja secara digital,” papar Talbot.

URL: http://selular.id/PlsJKv