Selfie Sekarang Dipakai Untuk Verifikasi ID Transaksi Online

Selfie Sekarang Dipakai Untuk Verifikasi ID Transaksi Online

selfie
selfie

Jakarta, Selular.ID – Selain menggunakan kata sandi, kombinasi pin, melukis pola, serta scan sidik jari, kini bakal ada satu lagi metode verifikasi ID untuk transaksi online, yakni melalui selfie.

Menurut sebuah laporan dari CNN (3/7/2015), MasterCard akan menguji penggunaan selfie sebagai metode untuk mengotentikasi identitas pemegang kartu ketika mereka melakukan pembelian secara online.

MasterCard mengatakan bahwa selfie bisa jauh lebih mudah daripada mengingat dan mengetik kata sandi. Selama ini, MasterCard SecureCode menggunakan password ke lebih dari 3 miliar transaksi kartu kredit online tahun lalu. Tapi sebuah password bisa dicuri, atau terkadang bisa ditebak. Nah, selfie menurut perusahaan bisa lebih aman.

Sebelum memasuki tahap penerapan, MasterCard telah mencapai kesepakatan dengan Apple, Google, BlackBerry, Samsung dan Microsoft, juga tengah menjajaki negosiasi dengan dua bank untuk turut ambil bagian dalam program ini.

MasterCard akan menjalankan percobaan kecil kepada 500 pemegang kartu yang akan menggunakan sidik jari atau selfie untuk memverifikasi identitas. Jika semua berjalan lancar, perusahaan akan mulai menggulirkan metode verifikasi baru tersebut pada musim gugur tahun ini.

Untuk bisa menggunakan fitur baru tersebut, pengguna diharuskan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi baru MasterCard di smartphone.

Sebuah pop up otomatis akan muncul pada layar ponsel atau tablet ketika pemegang kartu melewati proses pengecekan dari pembelian secara online. Meminta otorisasi, aplikasi akan memberi opsi kepada pemegang kartu untuk memverifikasi identitasnya menggunakan sidik jari atau scan wajah. Jika ia memilih sidik jari, cukup sentuh di layar, maka transaksi akan berakhir. Jika konsumen memilih scan wajah, cukup lihat ke kamera depan lalu berkedip satu kali untuk memotret.

Jika Anda mengalami “bad day”, tak perlu khawatir. MasterCard sebenarnya tidak benar-benar melihat sidik jari atau wajah Anda. Sebaliknya, keduanya dipetakan secara digital menggunakan teknologi 1s dan 0s. Perusahaan jasa keuangan mengatakan bahwa fitur tersebut tidak akan mampu merekonstruksi wajah Anda.

Sidik jari dan selfie merupakan metode anyar untuk MasterCard, namun perusahaan terus mengusahakan sistem otentikasi transaksi online lainnya, seperti menggunakan suara Anda.(Ind)

URL: http://selular.id/YYDIjG