Ini yang Harus Dipenuhi Telegram Untuk Kelangsungan Layanannya di Indonesia

Ini yang Harus Dipenuhi Telegram Untuk Kelangsungan Layanannya di Indonesia

SHARE

IMG-20170801-WA0018Jakarta, Selular.ID – Setelah bertemu dengan Kominfo pasca pemblokiran Telegram yang dilakukan di Indonesia, dan menemukan titik temu, ada beberapa hal yang harus dipenuhi Telegram untuk kelanjutan layanan di Indonesia.

Pavel Durov pendiri Telegram menuturkan bahwa dalam pertemuan yang berlangsung, Telegram dan Kominfo berdiskusi tentang cara untuk memblokir konten-konten yang berkaitan dengan propaganda terorisme pada Telegram, channel-channel yang berbau radikalism.

“Ini adalah komitmen Telegram untuk memberantas terorisme secara global, khususnya di Indonesia. Kami akan menyamakan visi kami,” tutur Pavel.

Telegram juga sudah menyetujui untuk mengamankan komunikasi dalam percakapan pribadi di Telegram.

Telegram juga akan segera membentuk tim khusus untuk memantau gerakan propaganda teroris yang dilakukan melalui percakapan, seperti ISIS.

“Waktunya, saya belum bisa menentukan kapan tepatnya. Tapi 24 jam dari sekarang, kami akan mungkin menonaktifkan akun atau channel mereka. Karena kami akan segera menambah anggota yang berasal dari orang Indonesia,” kata Pavel lagi.

Pavel juga menambahkan bahwa bukanya hanya server atau DNS yang dilaporkan Kominfo, tapi soal bahaya channel atau chatting yang berhubungan langsung dengan terorisme. 

Mengenai kantor perwakilan, Dikatakan Pavel Telegram belum menentukan dimana tepatnya kantor  akan dibangun. Tapi ditegaskan Pavel, Telegram sudah punya perwakilan di Jakarta. 

“Kami akan bekerja sama dengan komunitas-komunitas lebih dekat untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan,” pungkas Pavel.

URL: http://selular.id/zAdeq3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here