10 Startup Fintech Akan Didanai MCI Hingga Akhir Tahun

10 Startup Fintech Akan Didanai MCI Hingga Akhir Tahun

SHARE

IMG-20170808-WA0005Jakarta, Selular.ID – Penggunaan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari telah mengubah perilaku masyarakat hampir di semua aspek kehidupan, salah satunya financial technology (FinTech).

Menurut Hira Laksamana Chief Financial Officer Managing Director yang ditemui dalam Amartha Film Pendek menuturkan bahwa Fintech adalah salah satu sektor industri dalam perekonomian terdiri dari para perusahaan yang menggunakan teknologi untuk memberikan layanan keuangan secara lebih efisien.

Fintech sendiri dikatakan Hira sangat erat kaitannya dengan keinginan pemerintah yang meingkatkan inklusi finansial. Dengan melihat itu, Mandiri Capital Indonesia (MCI) pun merangkul para startup Fintech, dengan mendanai pelaku Fntech di Indonesia. Untuk saat ini MCI sudah melakukan pendanaan kepada tujuh Fintech. Salah satunya adalah Amartha, dan tahun ini MCI mentargetkan pendanaan investasi sebanyak tiga hingga empat startup.

“Tercatat hingga Juli 2017, MCI telah memberikan penyertaan modal di kisaran Rp300 miliar kepada tujuh usaha rintisan di bidang teknologi finansial,” ujar Hira di Jakarta (08/08/17).

Hira menuturkan bahwa pihaknya tidak menargetkan nilai dana yang akan diinvestasikan untuk startup bidang teknologi finansial.

“Kalau ada yang bagus, kami invest. Sampai tahun depan kita proyeksikan investasi beberapa startup, nilainya belum tahu, tergantung valuasi masing-masing startup,” kara Hira lagi

Startup yang dibidik oleh MCI yakni startup Fintech di bidang payment gateway, lending dan startup bidang enterprise solution atau software yang membantu UMKM. Beberapa startup Fintech yang telah dibiayai oleh MCI di bidang payment gateway yakni Cashlez, di bidang pembiayaan Amartha, sementara bidang enterprise solution yaitu Moka dan Privyid.

Dia menambahkan, pihaknya akan memprioritaskan startup yang bergerak di teknologi keuangan dalam memberikan injeksi. Sebab, ke depan teknologi keuangan, terutama Solusi Pembayaran, akan menjadi industri unggulan menyikapi perkembangan sistem pembayaran.

“Sebagai Corporate Venture Capital (CVC) Mandiri Group, MCI akan senantiasa memberikan dukungan untuk perkembangan startup FinTech di Indonesia. Investasi MCI kepada startup Fintech di Indonesia diharapkan dapat menjadi jembatan kolaborasi antara startup Fintech dengan Mandiri Group,” tutup Hira.

URL: http://selular.id/l4JfmY