Perangkat RoboRoach Tuai Kritikan Pencinta Hewan, Kenapa?

Perangkat RoboRoach Tuai Kritikan Pencinta Hewan, Kenapa?

SHARE

robocroachJakarta, Selular.ID – Peneliti dari Backyard Brains rupanya membuat geger para pencinta hewan, diketahui para peneliti ini berhasil membuat serangkaian alat serta aplikasi untuk menggerakkan kecoa secara manual. Tujuan dari para peneliti yang berbasis di Michigan, Amerika Serikat, ialah untuk memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai cara mempengaruhi kerja otak.

Perangkat ini bekerja dengan mempengaruhi antenna yang ada pada kecoa, sehingga dapat dibelokkan ke kiri dan kanan. Untuk dapat mengontrol gerakan kecoa, perangkat ini mempunyai aplikasi yang berperan sebagai remote yang bisa install di smartphone.

Perangkat yang diberi nama RoboRoach ini bekerja dengan cara menempelkannya di badan kecoa. Setelah itu, gerakan kecoa akan dikendalikan oleh elektroda dan dihubungkan ke smartphone melalui jaringan Bluetooth.

roboroach-2

Seperti Selular kutip dari Daily Mail, Jumat (14/7) lalu, Greg Gage selaku founder dari Backyard Brains menuturkan bahwa perangkat ini dapat dipelajari oleh para siswa sekolah agar menjadi seorang ahli saraf yang hebat.

Greg dan tim peneliti lainnya yakin bahwa perangkat yang mereka ciptakan dapat membantu di sektor dunia Pendidikan, tapi para aktivis pencinta hewan menolak agar greg dan timnya tidak menjual perangkat tersebut secara umum. Hal ini ditakuti karena kedepannya akan ada hewan-hewan lain selain kecoa yang dipengaruhi gerakannya.

URL: http://selular.id/I5c4wv