Layanan WhatsApp Diblokir China?

Layanan WhatsApp Diblokir China?

SHARE

whatsapp-ios

Jakarta,Selular.ID – Belum lama ini, netizen sempat dihebohkan oleh aksi pemerintah Indonesia yang memblokir layanan perpesanan Telegram pada minggu lalu. Kali ini berita yang serupa hadir dari Negara Tirai Bambu yang diketahui telah memblokir beberapa akses terhadap layanan perpesanan instan, seperti WhatsApp.

Pemerintah China memang tidak sepenuhnya memblokir akses terhadap layanan WhatsApp. Namun, seperti yang Selular rangkum dari The Verge, Rabu (19/7), pengguna layanan tersebut kadang sulit untuk dapat mengirim maupun menerima gambar, video dan teks pesan.

Analisis kemananan mengkonfirmasi bahwa hal itu terjadi karena pemerintah China melakukan pemblokiran. Sampai saat ini, perihal pemblokiran WhatsApp belum jelas apakah platform itu akan diblokir selamanya atau hanya beberapa waktu saja. Jika pemblokiran tersebut secara permananen, maka WhatsApp akan masuk ke dalam daftar situs atau platform yang telah diblokir sebelumnya.

Seperti diketahui, pemerintah China bisa dikatakan “hobi” dalam hal memblokir platform luar dan tidak hanya WhatsApp saja yang diblokir. Beberapa platform luar juga ikut terkena blokir seperti Facebook, Line, Twitter, Google Play dan lain sebagainya.

Sepertinya pemerintah China tidak ingin mendapat penalaran dari luar, mereka hanya ingin WeChat saja yang dapat digunakan disana. Karena WeChat adalah aplikasi buatan lokal yang sudah digunakan oleh hampir seluruh masyarakat China.

URL: http://selular.id/Y6if6m