Ini Strategi yang Harus Diperhatikan Bank dalam Pengembangan Aplikasi Keuangan

Ini Strategi yang Harus Diperhatikan Bank dalam Pengembangan Aplikasi Keuangan

SHARE

fintech-smartphoneJakarta, Selular.ID – Agar tidak tenggelam dalam arus oerkembangan teknologi mobile, perbankan diharuskan dapat menerapkan teknologi baru yang terus berkembang dan keinginan konsumen yang juga terus meningkat untuk memberikan kepuasan dalam menggunakan aplikasi.

Oleh karena itu, beberapa strategi ini harus dilakukan perbankan dalam pengembangan aplikasi keuangan.

Hilangkan Hambatan dari Layanan Keuangan

Perangkat mobile berbeda dengan komputer sehingga cara penggunaannya pun seharusnya berbeda. Buatlah suatu ketertarikan unik dari aplikasi Anda dan jadikan transaksi keuangan menjadi lebih nyaman dengan memanfaatkan aspek unik yang ada pada perangkat mobile seperti layar sentuh, informasi kontekstual seperti lokasi, sensor dan near field communications (NFC).

Daripada membuat aplikasi yang mencakup semua produk pada website, sebaiknya prioritaskan layanan utama seperti memeriksa saldo rekening, transfer dana serta layanan konsumen. Layanan tambahan seperti pembayaran mobile, program loyalitas, perencanaan keuangan pribadi serta investasi dapat dijadikan fitur yang dapat ditambahkan untuk lebih mengikat konsumen. Pertimbangkan fitur apa yang dapat digabungkan bersama atau berikan melalui aplikasi terpisah untuk penggunaan aplikasi yang memuaskan.

Ciptakan interaksi yang lebih mudah dengan mengintegrasikan daftar kontak ke aplikasi sehingga proses transaksi seperti transfer dana dapat terlaksana lebih cepat. Jangan lupa untuk memprioritaskan tampilan dan kepuasan bagi konsumen ketika menggunakan aplikasi.

Jadikan Konsumen Sebagai Pusat dari Setiap Keputusan

Layanan keuangan berubah sangat cepat. Konsumen menuntut layanan yang lebih bersifat personalisasi yang secara bersamaan meningkat bersamaan dengan kepercayaan terhadap layanan tersebut. Pengintegrasian fitur keamanan seperti Touch ID dan sistem pengenalan wajah dapat menambah keyakinan dan loyalitas konsumen.

Berikan hadiah bagi konsumen dengan program loyalti, penawaran spesial dan promosi sebagai bagian dari pengalaman menggunakan aplikasi. Dengan adanya penghargaan kepada konsumen yang loyal, kebutuhan akan aplikasi pun akan semakin meningkat.

Perhatikan peringkat dan ulasan pada aplikasi Anda serta aplikasi fintech lain untuk mengenali adanya fitur dan cara baru untuk meningkatkan pengalaman penggunaan aplikasi yang lebih memuaskan.

Prioritaskan Inovasi Untuk Menjadi Market Disruptors

Bank terkemuka memiliki keuntungan dari nama yang sudah dikenal dan konsumen yang sudah ada dibandingkan kompetitor fintech baru. Manfaatkan skala konsumen dan kepercayaan yang telah ada untuk menjadi market disruptors.

Penyajiian data yang memberikan wawasan dan informasi tambahan kepada konsumen untuk memantau transaksi keuangan yang lebih lengkap dapat memberi kepuasaan bagi konsumen. Pembayaran mobile seperti AliPay dan WeChat Pay merupakan fitur yang harus menjadi perhatian untuk diintegrasikan dengan aplikasi. Bekerja sama dengan aplikasi inovatif lainnya pun dapat dilakukan seperti pengintegrasian informasi pembayaran tanpa perlu mengidentifikasi kembali kartu kredit yang sudah pernah diverifikasi.

Sudah saatnya bank memanfaatkan teknologi mobile untuk memberikan layanan keuangan seperti menarik tunai berbekal aplikasi tanpa memerlukan kartu. Aplikasi dapat menghasilkan kode rahasia yang dapat digunakan di ATM sehingga meminimalisasi pencurian data kartu serta menjadikan aplikasi sebagai kebutuhan terus-menerus untuk menggantikan kartu perbankan.

URL: http://selular.id/hKHeKF