China Bantah Akan Blokir Virtual Private Network (VPN)

China Bantah Akan Blokir Virtual Private Network (VPN)

SHARE

vpn
Jakarta, Selular.ID – Belum lama ini, dikabarkan bahwa operator telekomunikasi China akan memblokir akses untuk penggunaan Virtual Private Network (VPN). Kabar miring itu mengatakan bahwa pemblokiran akan dimulai per tanggal 1 Februari 2018 nanti.

Hal ini membuat Menteri Industri dan Informasi Teknologi China, Miao Wei, angkat bicara. Wei mengatakan bahwa pemerintah tidak mempunyai rencana untuk memblokir akses VPN. Wei menambahkan jika kabar miring itu salah besar.

Namun demikian, Wei memberi penjelasan lebih lanjut mengenai kebijakan penggunaan VPN pada Januari 2017. Kebijikan itu diantara lainnya ialah sebelum melakukan kegiatan bisnis di wilayah China, para pelaku bisnis kabel dan VPN harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari pemerintah kota setempat.

Seperti yang Selular rangkum dari TheNextWeb, Jumat (14/7), pemerintah China tidak akan menghapus VPN secara keseluruhan, namun hanya mewajibkan para pelaku bisnis untuk mengikuti penyaringan dari pemerintah.

Salah satu layanan Virtual Private Network di China yakni GreenVPN, belum lama ini dilaporkan tidak bisa diakses. Diketahui, layanan tersebut tengah ditegur oleh pemerintah kota setempat untuk memberhentikan layanannya.

Seperti diketahui, layanan VPN berguna untuk memberikan hak akses secara penuh ke dunia maya. Cara ini bisa dibilang berbahaya jika tidak digunakan secara bijak, karena bisa membuka situs-situs berbahaya yang diblokir oleh pemerintah.
Di kota China, layanan Facebook dan Twitter tidak bisa digunakan jika tidak tersambung dengan Virtual Private Network.

URL: http://selular.id/xPAlIi