Bos Motorola Minta Pemerintah Tegas Terhadap Peredaran Ponsel Ilegal

Bos Motorola Minta Pemerintah Tegas Terhadap Peredaran Ponsel Ilegal

Laporan dari Bangkok

SHARE

bos motorola
Augustin Becquet, Executive Director, General Manager of Asean, Lenovo Mobile Business Group and Motorola Mobility
Bangkok, Selular.ID – Peredaran Ponsel dari jalur tak resmi alias ilegal di Indonesia, hingga kini masih menjadi menjadi momok bagi vendor resmi. Meski aturan baru sudah diberlakukan, yakni TKDN sebesar 30 persen mulai awal 2017, nyatanya permintaan terhadap produk tak resmi itu tak pernah surut.

Besarnya pasar ponsel ilegal jelas-jelas membuat vendor resmi tak kompetitif dalam memasarkan produk. Karena umumnya harga ponsel BM jauh lebih murah. Sementara produk resmi wajib mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk mengurus perizinan dan juga PPN.

Melihat masih tingginya keberadaan ponsel ilegal, bos Lenovo dan Motorola pun angkat bicara. Menurut Augustin Becquet, Executive Director, General Manager of Asean, Lenovo Mobile Business Group and Motorola Mobility, sudah saatnya pemerintah bertindak lebih tegas dalam mengatasi peredaran ponsel ilegal.

“Dengan permintaan yang besar, industri ponsel di Indonesia dapat tumbuh dan berkembang lebih baik lagi. Namun keberadaan ponsel ilegal yang lebih banyak dari produk resmi membuat industri ini menjadi tak sehat”, ujar Augustin, di sela-sela peluncuran smartphone terbaru Motorola, Moto Z2 Play di Bangkok (5/7/2017).

Augustin menambahkan, sebagai perusahaan berskala global, Lenovo dan Motorola akan selalu comply terhadap berbagai kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah Indonesia. Termasuk aturan TKDN yang mewajibkan vendor untuk menerapkan komponen lokal hingga 30 persen.

Namun di sisi lain, pihaknya juga ingin pemerintah bersikap tak pandang bulu terhadap peredaran ponsel ilegal, agar tidak merugikan vendor resmi yang telah berinvestasi banyak di Indonesia.

“Keberadaan ponsel ilegal sesungguhnya juga membuat konsumen dirugikan, karena mereka tidak mendapat layanan after sales yang baik”, tambah Augustin.

URL: http://selular.id/WIeQPA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here