Siloam Hospital Kembangkan Telehealth

Siloam Hospital Kembangkan Telehealth

SHARE


Jakarta, Selular.ID – Apa yang bisa kita lakukan ketika kita atau orang yang kita sayangai mendadak kurang sehat atau sakit, sementara dokter terdekat berjarak puluhan kilometer dari lokasi kita berada. Solusinya mungkin pemeriksaan oleh dokter atau perawat secara jarak jauh dengan menggunakan komputer atau smartphone yang dikenal dengan istilah telehealth.

Dengan teknologi telehealth, dokter dan perawat bisa dihubungi kapan saja dengan biaya relatif murah untuk melakukan pemeriksaan dalam situasi darurat. Telehealth juga bisa membantu dokter atau perawat mengawasi pasien kondisi kronis seperti diabetes atau penyakit Jantung secara realtime.

Hendra Johari, selaku Application Operation Head Siloam Hospital mengatakan bahwa, Siloam Hospital sendiri telah menerapkan telehealth dan akan terus mengembangkan teknologi tersebut, hal ini memungkinkan dokter untuk melakukan monitoring data pasien secara remote sehingga mampu melakukan tindakan penanganan penyakit pada pasien secara dini tanpa harus bertemu secara langsung dengan pasien. Selain itu telehealth mampu mengatasi keterbatasan jumlah dokter spesialist khususnya radiologi di daerah terpencil, seperti yang terjadi di kawasan Timur Indonesia dan daerah perbatasan.

Untuk itu dibutuhkan layanan telekomunikasi yang stabil dan merata hingga ke daerah terpencil serta pembangunan sistem security yang mampu menjamin keamanan data pasien, tambah Hendra Johari yang berhasil ditemui di Acara Asia IoT Business Platform Preview di Jakarta beberapa waktu lalu.

URL: http://selular.id/xyprxG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here