Hati-Hati Ada Virus Trojan di Google Play

Hati-Hati Ada Virus Trojan di Google Play

android_trojan_rooting

Jakarta, Selular.ID – Perusahaan sistem keamanan F-Secure melaporkan bahwa sebanyak 99 persen virus ponsel pintar menyerang perangkat berbasis Android. Pada dasarnya, virus yang menyerang Android ini tak bertujuan mencuri data pribadi atau password pengguna ponsel.

Malware-malware itu dikembangkan oleh developer pembuat virus untuk menambang uang virtual bernama Bitcoin dengan memanfaatkan ponsel Android. Dampak bagi ponsel Androidnya adalah proses program yang tak penting serta baterai ponsel yang kerap dan cepat habis.

Kini serangan program jahat pun di temukan, seperti dilaporkan malwaretips Kaspersky telah menemukan adanya virus Trojan Horse di Play Store sejak April 2017.

Virus itu diklasifikasikan sebagai Trojan.AndroidOS.Dvmap.a atau disebut Dvmap yang mampu bersembunyi dari sistem proteksi dan mekanisme verifikasi Google. Dvmap menjalankan aksinya untuk mengakses otorisasi root.

Ia kemudian menginfeksi dengan kode berbahaya yang menyerang ke dalam sistem library libdmv.so dan libandroid_runtime.so. Akibatnya, virus itu mampu memberikan akses kepada aplikasi pihak ketiga.

karena Dvmap mampu bertindak seperti administrator, pemilik program jahat dapat menjual akses tersebut ke pasar gelap. Hingga kini, telah ada 50.000 perangkat yang diketahui terjangkit oleh virus tersebut. Kendati demikian, karena virus memiliki sifat yang sulit untuk dilacak, kemungkinan jatuhnya korban akan lebih banyak. Satu-satunya cara untuk mencegah infeksi oleh virus Dvmap tersebut ialah dengan memasang patch keamanan terbaru yang dikirimkan oleh pihak OEM.

URL: http://selular.id/kvnNYf