Wannacry Tidak Serang Perangkat Android dan IOS

Wannacry Tidak Serang Perangkat Android dan IOS

IMG-20170519-WA0012Jakarta, Selular.ID – Seperti yang terjadi baru-baru ini, telah terjadi fenomena serangan siber di beberapa negara, termasuk Indonesia. 

Serangan siber yang menyerang Indonesia berjenis ransomware wanacry. Ransomware ini sebuah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer dengan cara mengunci komputer  atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali.

Jika Wannacry menyerang desktop, apakah serangan siber ini dapat menyerang perangkat Android dan IOS, Jemmy Handinata Pre Sales Specialist Kaspersky Lab Indonesia menuturkan, bahwa untuk saat ini  Android dan ios tidak terekspos. 

Menurut Jemmy Wannacry itu secara teknis memanfaatkan kerentanan celah di Windows, tapi banyak ransomware lainnya sebenarnya aktif, Android atau IOS  juga punya celah keamanan, namun untuk Wannacry yang baru-baru ini terjadi hanya menyerang windows, sehingga perangkat Android dan IOS sejauh ini cukup aman.

“Mungkin saat ini yang diincar windows, kita nggak tahu ke depannya siapa yang akan disasar oleh ransomware atau malware lainnya,” kata Jemmy disela-sela acara

Versi 1.0 Wannacry hanya memanfaatkan celah dari windows, dan belum tahu kedepan nantinya apakah akan ada versi 2.0 dan lain-lain yang bisa menyerang Android dan IOS.

Jemmy Juga. menambahkan Wannacry masih berkembang namun   penyerangannya sudah mulai menurun malware aktifnya, dan Jemmy memastikan malware dengan nama lainnya pasti akan ada lagi. 

URL: http://selular.id/oGwau6