Korban Wannacry Jangan Lakukan Hal ini Kepada Hacker

Korban Wannacry Jangan Lakukan Hal ini Kepada Hacker

IMG-20170519-WA0020Jakarta, Selular.ID – Ransomware wannacry baru-baru ini membuat geger dunia tak terkecuali Indonesia. Ransomware menyerang komputer milik berbagai organisasi dan secara otomatis mengenkripsi data-data, selanjutnya penjahatnya bakal meminta tebusan atas data yang disandera itu.

Namun Kaspersky Labs menyarankan korban untuk tidak membayarkan tebusan yang diminta hacker.

Menurut Jemmy Handinata Pre-Sales Specialist Kaspersky Labs Indonesia, jika korban membayar tebusan ke hacker, penjahat siber itu bakalan senang dan merasa aksinya diapresiasi. Oleh karenanya, besar kemungkinan para hacker akan kembali melakukan aksi jahatnya ketika korban memberi tebusan.

“Kami rekomendasikan agar korban tidak memberikan tebusan pada pelaku, karena saat kita bayar, Ibaratnya seperti memberikan gaji pada hacker agar mereka melakukan serangan lagi,” kata Jemmy disela-sela peluncuran Kaspersky Small Office Security untuk UKM di Jakarta (19/5/2017).

Meski begitu, Jemmy menyebut kalau ke depannya tren serangan siber dalam bentuk ransomware atau malware bakal terus meningkat.

Baca Juga:  Tips dari Kominfo Atasi Serangan Ransomware

“Ibaratnya, ini kayak tahap awal, ke depan pasti akan ada lagi. Sebenarnya, serangan siber itukan banyak, tetapi tidak terlalu tereskpos ke publik, Mungkin hanya kalangan IT yang tahu,” ujar Jemmy.

Wannacry sendiri, menurut Jemmy bisa tersebar masif lantaran si pelaku menggunakan celah keamanan Windows yang ditemukan oleh pihak lain. Karena ia berhasil mencuri celah keamanan di OS yang masif digunakan di seluruh dunia, maka peredarannya bisa sangat luas, hingga menyerang hampir 300 ribu unit komputer di 150 negara.

Untungnya, saat ini penyebaran ransomware Wannacry, dikatakan Jemmy telah menurun drastis dibandingkan akhir pekan lalu. Namun bukan tidak mungkin hacker atau pelaku serangan siber lainnya berhenti menyebarkan malware lainnya. Sehingga Jemmy menyarankan bagi pengguna untuk selalu melengkapi dengan anti virus dan selalu memback up data yang ada.

URL: http://selular.id/NAFYsm