Dinilai Langgar Paten, Apple Terancam Tidak Bisa Impor iPhone

Dinilai Langgar Paten, Apple Terancam Tidak Bisa Impor iPhone

SHARE

appleJakarta, Selular.ID – Arogansi Apple yang kabarnya, memutuskan berhenti membayar biaya lisensi chip smartphone kepada Qualcomm, berbuntut panjang. Merasa tersakiti dengan sikap Apple tersebut, Qualcoom yang merupakan produsen chip smartphone ternama itu, rumornya mengajukan permohon untuk memblokir impor iPhone.

Sebagaimana dilansir laman Bloomberg, sumber dari Qualcomm menyebutkan, rencananya akan mengajukan permintaan pemblokiran itu pada Komisi Perdagangan Internasional (ITC) yang ada di Washington D.C, Amerika Serikat (AS).

Disebutkan, jika rencana pengajuan blokir itu jadi dilakukan oleh Qualcomm, dan pihak berwenang menyetujuinya, maka Apple tidak akan bisa memasukkan iPhone ke AS. Perlu diketahui, meski Apple adalah brand asal AS, sejatinya selama ini iPhone tidak diproduksi di kampung halamannya, melain dibuat di Asia.

ITC sendiri memiliki kuasa untuk melakukan pemblokiran impor produk ke AS. Bahkan, instansi ini bisa melakukannya lebih cepat dibandingkan pengadilan distrik federal. Namun sementara waktu ini pengajuan pemblokiran tersebut baru sebuah rencana saja. Sumber yang mengungkap niat Qualcomm itu tak menyebutkan kapan pemblokiran itu akan benar-benar diajukan.

Sekedar info, Apple dan Qualcomm sebelumnya berseteru, terkait paten transmisi data. Paten itu sendiri, diklaim dimiliki oleh Qualcomm. Paten tersebut terbilang unik, karena membuat Qualcomm bisa menarik royalti dari smartphone apapun yang memiliki koneksi data. Meskipun smartphone itu tidak memakai chip buatan mereka.

Apple menilai, paten tersebut tidak adil dan menganggap Qualcomm telah memakai hak lisensinya secara ilegal demi menolong pengembangan unit bisnis semi conductor.

URL: http://selular.id/D4eeZK