Tahun Ini  Bekraf Gelontorkan Dana Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif 

Tahun Ini  Bekraf Gelontorkan Dana Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif 

SHARE

IMG-20170413-WA0010Jakarta, Selular.ID – Banyaknya potensi yang dimiliki para startup membuat Bekraf menyiapkan dana bagi para pemain usaha di sektor ekonomi kreatif.

Dana yang akan dikucurkan Bekraf memang tidak terlalu besar ketimbang negara Thailand yang mampu mengucurkan dana sekitar tujuh triliun, bagi pelaku usaha kreatif atau startup di negaranya. Bekraf akan mengelontorkan sekitar Rp10 miliar kepada startup tahun ini.

Hal itu diungkapkan Triawan Munaf Kepala Badan Ekonomi Kreatif di sela-sela talkshow startup world cup winner 2017. Menurutnya, dana tersebut merupakan anggaran yang disetujui oleh pemerintah untuk digunakan Bekraf untuk menyuntik para pemain ekonomi kreatif.

“Alokasinya sebagian besar akan diarahkan untuk startup digital, sementara sisanya untuk sektor ekonomi kreatif lainnya,” kata Triawan

Dana tersebut nantinya akan digulirkan lewat perhelatan kompetisi yang akan diselenggarakan Bekraf pada tahun ini. Dalam kompetisi tersebut bakal dipilih para pemenang yang berhak mendapatkan dana segar tersebut.

“Kami diperkenankan untuk memberikan bantuan permodalan dari pemerintah. Ada anggaran Rp10 miliar yang boleh diberikan kepada para pemain ekonomi kreatif secara keseluruhan. Akan tetapi nantinya porsi untuk startup digital akan besar, nanti ada proses seleksi yang akan kami adakan dalam tahun ini,” Triawan

Triawan menuturkan memang dana yang digelontorkan tidak seperti negara lain, namun bagi startup khususnya startup kecil dana Rp50 juta hingga Rp100 juta sangatlah berarti, karena dari sisi kemampuan, banyak startup yang memiliki ide bagus namun mereka terbentur di biaya dan investor sehingga dana yang diberikan sangat berarti bagi mereka.

“Mereka juga harus meyakini para investor untuk mau berinvestasi, karena investor pun masih belum banyak yang berivenstasi di startup, sehingga banyak startup yang menggunakan dana sendiri di awal-awal.merintis,” tutur Triawan

Sebagai informasi, berdasarkan hasil survei ekonomi kreatif 2016 yang dilakukan Bekraf, sebanyak 92,3% responden mengatakan bahwa sumber pendanaan mereka berasal dari kantong sendiri (bootstrap). Kemudian, sebanyak 24,44% menyebut mereka mendapat pendanaan dari pinjaman bank, dan 0,66% responden mendapat pendanaan dari perusahaan modal ventura.

URL: http://selular.id/wMBqHJ