Pertama di Indonesia, Telkomsel Lakukan Ujicoba Implementasi 5G ke Sektor IoT

Pertama di Indonesia, Telkomsel Lakukan Ujicoba Implementasi 5G ke Sektor IoT

SHARE

IMG_20170405_182203Jakarta, Selular.ID – Teknologi 5G belum resmi komersil di Indonesia, namun satu persatu operator mulai memanaskan mesin, demi menyambut teknologi komunikasi generasi ke 5 tersebut. Telkomsel menjadi operator teranyar yang mulai tancap gas mengeksplor kecanggihan 5G.

Berkerja sama dengan Huawei, Telkomsel hari ini (5/04/2017), melakukan uji coba pertama di Indonesia teknologi 3rd Generation Partnership Project (3GPP) Massive Internet of Things (IoT) dan teknologi Frequency Division Duplexing (FDD) Massive Multiple-Input and Multiple-Output (MIMO).

Demo yang dilakukan Telkomsel dan Huawei dalam uji coba kali ini adalah, solusi Smart Water Meter dan Smart Parking. Pada demo Smart Water Meter, meteran air mengirimkan data dan diterima oleh platform IoT yang kemudian meneruskannya ke aplikasi mobile secara real time, di mana aplikasi tersebut menampilkan hasil pengukurannya.

Dalam sambutannya Sukardi Silalahi, Direktur Network Telkomsel, mengatakan, Telkomsel menjadi operator pertama di Indonesia yang menerapkan NB-IoT dan FDD Massive MIMO sebagai tahapan menuju diimplementasikannya teknologi 5G.

“Uji coba ini menjadi bukti kesiapan teknologi dan jaringan Telkomsel, untuk menghadapi tren IoT yang sedang berkembang secara global,” ucapnya.

“Tidak hanya itu, pengujian kali ini juga sejalan dengan visi kami untuk melakukan transformasi digital dan senantiasa menjadi yang terdepan dalam menerapkan perkembangan teknologi seluler terkini di Indonesia,” tambahnya.

Sebagai info, FDD Massive MIMO merupakan teknologi antena yang telah dirancang untuk menghasilkan kapasitas sistem yang lima kali lebih besar dibandingkan teknologi Long Term Evolution (LTE) 2×2 MIMO pada umumnya. Teknologi ini merupakan salah satu kunci dalam implementasi teknologi 5G untuk meningkatkan kapasitas dan pengalaman pengguna dalam layanan eMBB.

Sementara, NB-IoT sendiri, merupakan salah satu jenis teknologi jaringan Low Power Wide Area (LPWA), memungkinkan perangkat beroperasi hingga 10 tahun tanpa pengisian daya ulang baterai sehingga sangat menghemat biaya.

Teknologi NB-IoT juga mampu menghasilkan kapasitas koneksi yang masif untuk solusi dan aplikasi berbasis IoT mMTC yang beragam, antara lain Smart Water Meter, Smart Parking, Bike Sharing, Smart Electricity Meter, Smart Agriculture, dan Fleet Management.

URL: http://selular.id/dwk0Cd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here