XL Perbaiki Kualitas 4,5G LTE Dengan Adopsi 256QAM

XL Perbaiki Kualitas 4,5G LTE Dengan Adopsi 256QAM

954

Jakarta, Selular.ID – Di samping terus memperluas jangkauan jaringan internet 4G, operator XL Axiata juga mulai menyiapkan layanan internet 4,5G yang menerapkan 4T4R.

Perusahaan sedang menjajaki penerapan teknologi modulasi 4×4 MIMO 256 QAM (Quadrature Amplitude Modulation) untuk meningkatkan kecepatan sebesar 30 persen hingga mencapai lebih dari 360 Mbps untuk lebar spektrum yang sama di 20 MHz.

“Dengan software upgrade, XL bisa meningkatkan kecepatan throughput data hingga 30 persen di atas dari teknologi sebelumnya yang berbasis modulasi 64 QAM. Tanpa perlu menambah tower,” kata Rahmadi Mulyohartono, VP LTE XL Axiata, saat media update di Grha XL, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

4T4R menggunakan kombinasi multi-signal, yaitu menggabungkan 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive. Dengan kata lain, pengiriman dan penerimaan sinyal akan lebih besar dan cepat.

Baca Juga:  Dua Tahun Lagi, ZTE Luncurkan Jaringan 5G Komersial

Teknologi 4T4R sendiri memungkinkan pengiriman dan penerimaan sinyal data berkapasitas besar dengan kecepatan hingga 210 Mbps dengan bandwith 15 Mhz. Jauh lebih besar berkali lipat dibandingkan 4G yang kecepatannya maksimal 100 Mbps.

Teknologi 4T4R ini sudah diterapkan di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, serta Denpasar. Ada kemungkinan besar tahun 2017 mendatang akan bertambah ke kota–kota lainnya di seluruh Indonesia.

Sementara dari sisi device, contoh smartphone yang sudah mengadopsi teknologi ini antara lain Xiaomi Mi5, Asus Zenfone 3 Deluxe, dan Sony XZ. Bagi smartphone yang belum support 4 antena, mereka bisa merasakan sensasi kecepatan lebih baik dengan mendapat 65 persen download speed di cell edge.

URL: http://selular.id/CuKEJX