Petinggi Samsung Terganjal Skandal Korupsi Presiden Korea Selatan

Petinggi Samsung Terganjal Skandal Korupsi Presiden Korea Selatan

unnamedJakarta, Seluar.ID – Seperti diketahui dalam beberapa bulan belakangan ini, Korea Selatan sedang diguncang skandal korupsi yang menghebohkan. Bahkan, skandal korupsi tersebut hingga menyeret Presiden Park Geun-hye sebagai tersangka.

Skandal tersebut ternyata berbuntut panjang, pasalnya tidak hanya melibatkan presiden, tapi juga para pengusaha besar dan kalangan konglomerat Korea Selatan.

Yang terbaru, seperti dikabarkan Wall Street Journal, skandal itu kabarnya turut menyeret salah satu petinggi Samsung. Lee Jae-yong, CEO Samsung Electronics, dilaporkan telah dipanggil oleh pihak kejaksaan Korea Selatan untuk menjalani pemeriksaan terkait skandal korupsi tersebut.

Adapun pemanggillan itu, lantaran Samsung diduga bekerja sama dengan National Pension Service, agar bisa mendapatkan persetujuan atas merger kontroversial tahun 2015 lalu.

Sebagai tanda balas jasa, Samsung disinyalir memberikan donasi sebesar USD3,1 juta, kepada National Pension Service, yang merupakan yayasan pensiun terbesar ketiga di dunia.

Sumber yang sama menyebutkan, pihak kejaksaan memperkirakan tidak hanya Samsung, tapi konglomerat seperti Hyundai, dan LG juga mendonasikan jutaan dollar kepada yayasan yang dikendalikan oleh rekan Presiden Park, sebagai balas jasa untuk bantuan politik yang telah diberikan presiden.

Terkait pemanggilan terhadap petingginya itu, hingga saat ini diinfokan, jika pihak Samsung masih enggan untuk memberikan tanggapannya.

URL: http://selular.id/9TtA4n