Netizen Indonesia Minta Perlindungan Data Pribadi di Internet

Netizen Indonesia Minta Perlindungan Data Pribadi di Internet

Mobile-internet

Jakarta, Selular.ID – Penggunaan aplikasi berbasis mobile terus meningkat. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan privasi dan data pribadi.

Responden dalam survey Mastel dan APJII pada umumnya paham dengan segala fitur termasuk ada resiko pemanfaatan data pribadi mereka. Mereka menyadari bahwa misalnya mengaktifkan fitur lokasi di ponsel, maka jejak perjalanan akan terekam pada server penyedia aplikasi. Oleh karena itu, 98 persen menghendaki adanya perlindungan data pribadi.

Lebih lanjut, pengguna internet Indonesia juga memahami bahwa saat pertama kali menginstal aplikasi, telah dimintai izin (permission) oleh aplikasi untuk menggunakan microphone, kamera, dan data pribadi. Namun sebenarnya, 79 persen keberatan data pribadi mereka berpindah ke pihak ketiga tanpa sepengetahuan.

Peran pemerintah untuk mengatur perlindungan atas privasi dan data pribadi di internet dirasa penting. Sebesar 98 persen responden mengaku memerlukan perlindungan pemerintah atas data pribadi mereka.

Terkait perlindungan data pribadi dari penggunaan tanpa izin, Pasal 26 UU ITE mensyaratkan bahwa penggunaan setiap data pribadi dalam sebuah media elektronik harus mendapat persetujuan pemilik data bersangkutan. Setiap orang yang melanggar ketentuan ini dapat digugat atas kerugian yang ditimbulkan.

URL: http://selular.id/WoQMBz