Ini Tren Pengguna Ponsel dan Internet di Indonesia

Ini Tren Pengguna Ponsel dan Internet di Indonesia

pakai smartphone

Jakarta, Selular.ID – Mastel (Masyarakat Telematika Indonesia) dan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) melakukan observasi melalui survey online terhadap 1020 responden yang tersebar di seluruh Indonesia guna memahami aktivitas digital masyarakat di Indonesia. Mereka diberikan pertanyaan seputar DNA (Device, Network, Apps), dan privasi pengguna.

Dari studi yang dilakukan 20 Oktober sampai 20 November 2016 itu, diketahui bahwa mayoritas pengguna ponsel Tanah Air (93 persen) lebih memilih menggunakan perangkat keluaran vendor asing ketimbang buatan lokal (hanya 7 persen). Sistem operasi yang dipakai adalah Android (79 persen) dan iOS (19 persen).

Mengenai merek ponsel, Samsung (25,42 persen) masih menempati posisi pertama sebagai brand yang paling banyak digunakan. Diikuti Apple (17,70 persen), Xiaomi (14,78 persen), Asus (12,24 persen), Lenovo (6,31 persen), Oppo (6,31 persen) dan lain-lain.

Saat ditanyakan alasan mereka menggunakan smartphone, 62 persen menjawab karena spesifikasi teknis yang dipunyai bisa membantu mereka menjalani kehidupan sehari-hari dan pekerjaan. Lalu, 59 persen menjawab karena fitur, 40 persen menjawab kemudahan penggunaan, dan 31 persen masing-masing beralasan karena murah dan merek bagus.

Meski hampir sebagian besar pengguna smartphone lebih menyukai merek asing, namun bukan berarti ponsel lokal dinilai sebelah mata. Bila ponsel lokal memiliki kriteria seperti ponsel global, sebesar 53 persen pengguna bakal memilihnya sebagai ponsel utama, dan 41 persen akan menjadikannya sebagai ponsel alternatif.

Beralih ke durasi penggunaan. Orang Indonesia dikenal sudah kecanduan menggunakan gadget. Lebih dari 55 persen mengakses internet lebih dari 6 jam setiap hari.

Melalui internet, mereka bisa melakukan banyak aktifitas di dunia maya. Sebesar 95 persen memakai internet untuk mengakses sosial media, diikuti 73 persen untuk chatting, 64 persen untuk akses peta, 61 persen untuk e-commerce, dan 43 persen untuk pesan tiket.

URL: http://selular.id/hh26Zp