Facebook Akan Blokir Musik dan Video Bajakan

Facebook Akan Blokir Musik dan Video Bajakan

630

video facebook

Jakarta, Selular.ID – Saat ini marak pelanggaran hak cipta konten musik dan video. Facebook dikabarkan sedang menggodok sebuah algoritma yang bisa mengenali musik dan video bajakan.

Jika telah dikenal, Facebook otomatis akan memblokir sehingga tidak bisa tampil di timeline. Seperti dkutip dari Engadget algoritma yang dimaksud mirip dengan Content ID milik YouTube, yang bisa mengenal keaslian musik dalam sebuah video. Sebagai contoh, biasanya orang mengunggah video yang disertai lagu milik penyanyi tertentu sebagai musik latar (backsound). Padahal, orang tersebut tidak memiliki izin atau lisensi untuk menyematkan lagu tersebut.

Algoritma baru Facebook itu nantinya bekerja mencari video dengan backsound musik yang tidak memiliki izin. Facebook juga akan memblokir video itu secara otomatis agar tidak bisa dilihat orang lain.

Baca Juga:  Temukan HOAX di Facebook? Lakukan ini..

Dikabarkan saat Facebook rampung mengembangkan algoritma anti-pembajakan itu, perusahaan berencana mengadakan kerja sama lisensi dengan label rekaman. Harapannya, lisensi tersebut bakal meliputi seluruh musik yang ada di Facebook.

Dari data National Music Publisher Association Amerika Serikat (NPMA) berhasil mengidentifikasi 887 video yang memakai lagu-lagu dari Top 33 tanpa seizin penciptanya. Keseluruhan video tersebut berhasil memanen total 619 juta views, atau rata-rata sekitar 700.000 views per video.

 

URL: http://selular.id/9tATgX