Bisnis Smartphone Moncer, Huawei Kantongi Rp345,4 Triliun di 2016

Bisnis Smartphone Moncer, Huawei Kantongi Rp345,4 Triliun di 2016

758

huawei-p9Jakarta, Selular.ID – Huawei Consumer Business Group (CBG) mencetak pertumbuhan stabil pasca mengumumkan hasil kinerja perusahaan di tahun 2016. Dalam hal ini CBG memperkirakan adanya kenaikan sebesar 42% dari tahun sebelumnya. Tak ayal, CBG pun mencetak pendapatan penjualan sebesar 178 miliar RMB (atau setara dengan Rp345,4 triliun) serta pertumbuhan yang stabil pada tahun kelima secara berturut turut.

Selain itu, dalam pengiriman smartphone, perusahaan ini juga mencapai 139 juta unit dengan pertumbuhan sebesar 29% dari tahun ke tahun. Menurut Internasional Data Corporation (IDC), kenaikan global untuk pengiriman ponsel pintar di tahun 2016 hanya mencapai angka 0,6%. Data tersebut menunjukkan bahwa performa Huawei melampaui performa pasar secara keseluruhan.

Richard Yu, CEO Huawei CBG, mengatakan di tengah keadaan pasar yang sulit, Huawei CBG terus berkembang dengan kecepatan industri ICT yang terkemuka. Hal ini tak lain berkat konsumen Huawei dan pendekatan Huawei yang berpusat pada inovasi, serta komitmen Huawei untuk membangun premium brand, memperkuat jaringan global dan menyediakan layanan berkualitas tinggi secara konsisten.

“Pada tahun 2017, Huawei akan memperkuat rantai pasokan, saluran distribusi, penelitian dan pengembangan, layanan-layanan dan area lainnya yang berkontribusi dalam mempersingkat proses operasional, meningkatkan efisiensi dalam proses pembuatan keputusan serta implementasi, mendorong strategi internasionalisasi dan secara proaktif mengembangkan kapasitas di masa depan,” lanjutnya.

Saat industri smartphone global mengalami penurunan dan miskin akan inovasi, Huawei CBG mengembangkan produknya dan menjadi pelopor dalam tren teknologi terkini dengan meluncurkan produk-produk inovatif. Pada tahun 2016, Huawei CBG fokus dalam mengembangkan inovasi-inovasi yang berdampak besar bagi konsumen dan telah melakukan terobosan pada sistem operaso (EMUI berbasis Android), kamera ganda dan produk lainnya.

Baca Juga:  Sebelum Berburu Smarphone 4G Murah di Indocomtech, Cek Dulu Daftar Harganya

Berkat kemajuan teknologi yang telah dibuat, produk unggulan Huawei seperti P9, Mate 9 dan Honor 8 berhasil mendapat mengakuan konsumen secara global. Pengiriman untuk Huawei P9 dan P9 Plus di seluruh dunia telah melebihi 10 juta unit, menjadikannya sebagai ponsel pintar pertama Huawei yang mampu memecahkan rekor penjualan sebesar 10 juta unit. Hal serupa juga terjadi untuk seri Huawei Mate 9 yang diluncurkan pada November 2016 lalu. Bahkan, Huawei menghadapi kesulitan dalam memenuhi permintaan yang begitu tinggi dalam dua bulan pertama dimana penjualannya mencapai 20% lebih tinggi dari generasi sebelumnya, Mate 8.

Perkembangan Huawei sebagai sebuah brand premium di tahun 2016 pun patut diperhitungkan. Huawei telah menggandeng pemain bola internasional Lionel Messi untuk menjadi ambassador serta bintang Hollywood Henry Cavill dan Scarlett Johansson sebagai juru bicara dari produk P9. Selain itu, Huawei juga telah bekerja sama dengan platform mode VOGUE serta berbagai acara dari fashion week.

Nilai brand Huawei telah diakui oleh otoritas brand global. Selain itu, Huawei juga kembali terdaftar dalam Interbrand Top 100 Global Brands diperingkat ke 72. Di saat yang sama Huawei mendapatkan peringkat ke 50 dari BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands.
Menurut penelitian IPSOS, kesadaran masyarakat global terhadap brand Huawei meningkat dari 76% di tahun 2015 menjadi 81% di tahun 2016. Pilihan dan referensi konsumen terhadap produk Huawei naik secara signifikan sebesar 66.7% dan 100% dari tahun 2015. Desain produk elegan dan inovasi yang menjanjikan adalah hal-hal yang dikaitkan konsumen terhadap smartphone Huawei.

URL: http://selular.id/6VNduo