​Apakabar Penerapan TKDN 30%?

​Apakabar Penerapan TKDN 30%?

Jakarta, Selular.ID – Penerapan aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk ponsel 4G, menjadi salah satu dinamika yang membuat panas industri telekomunikasi, di sepanjang tahun 2016 lalu.
Tahun 2017 sendiri, TKDN dipastikan masih akan menjadi topik panas dalam industri telekomunikasi, khususnya ponsel di Tanah Air. TKDN tetap menjadi isu penting, lantaran di tahun ini para vendor ponsel harus bisa memenuhi standar, TKDN 30% yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Pertanyaannya, bagaimana sejauh ini penerapan TKDN 30%, setidaknya hingga awal 2017?

Saat Selular.ID mencoba mencari tahu seputar penerapan TKDN 30% ke Kementrian Perindustrian, ternyata belum banyak up date berarti dari berbagai vendor yang bersentuhan langsung dengan aturan itu.

Baca Juga:  Menkominfo Terus Dorong Pemenuhan TKDN Dari Sisi Software

Menurut Airlangga Hartanto, Menteri Perindustrian RI, sejauh pihaknya sudah menerapkan skema TKDN 30% untuk produk 4G, yang sudah diterapkan pemerintah.

“Agar industri telekomunikasi khususnya, industri ponsel di negeri ini terus berkembang, ketiga skema TKDN (investasi, harware, software) sudah kita jalankan,” ucapnya.

Sayang, Airlangga tidak bisa menjelaskan secara detail, bagaimana skema perhitungan, hingga suatu vendor layak disebut telah memenuhi TKDN 30%.

Tidak hanya itu, saat disinggung vendor mana saja yang saat ini sudah bisa memenuhi aturan TKDN 30%, Airlangga juga tidak bisa menjelaskan secara gamblang.

“Saya belum bisa bicara banyak. Yang pasti kami sudah mulai mensosialisasikan aturan TKDN 30% kepada para vendor terkait,” ucapnya sambil berlalu.

URL: http://selular.id/Tq3FJf